republika srpska

Konfliknya udah lama nih.

Perubahan dunia bener-bener cepet banget. Lebih cepet dari proses lo ngelupain doi yang ternyata udah sama orang lain. Berbagai hal besar terjadi tiap harinya di berbagai penjuru dunia. Nggak cuma konflik antar dua orang teman yang saling tikung, konflik antar golongan dan etnik juga terjadi di berbagai wilayah di dunia. Makin hari bukannya selesai, eh malah ada yang makin memburuk. Bahkan, udah ada beberapa wilayah yang udah ngotot buat memisahkan diri dari sebuah negara dan pengen membentuk negara baru. Kalo ngeliat itu semua, ada kemungkinan negara-negara baru bakal segera bermuncul.

Berikut ini adalah negara baru yang diprediksi bakal lahir, cepat atau lambat.

1. Catalonia

catalonia

Via express

Kalo lo sering ngikutin berita luar negeri, Catolonia lagi sering dibahas nih. Wilayah ini ada di Barcelona, Spanyol. Udah bertahun-tahun penduduk di Catalonia pengen memisahkan diri dari Spanyol. Tahun 2014, ada referendum dan hasilnya lebih dari 80% orang Catalonia pengen pisah dari Spanyol. Baru-baru ini ada lagi referendum dari masyarakat Catalonia. Masyarakat mengklaim bahwa sumber daya Catalonia udah cukup buat membangun negara baru. Sampai saat ini perkara ini masih jadi perdebatan. Yang pasti Uni Eropa masih menolak permintaan ini. Akan tetapi masyarakat Catalonia masih terus ngotot buat memisahkan diri.

2. Kurdistan

kurdistan

Via thedailybeast

Masyarakat Kurdistan menuntut kemerdekaan setelah mereka berhasil mengusir ISIS dari wilayah ini. Keinginan ini udah lama banget jadi masalah. Pada September 2017 lalu ada referendum lagi. Hasilnya 92% orang mendukung kemerdekaan Kurdistan. Sayangnya, sampai saat ini Irak masih menolak referendum itu.

3. Somaliland

somaliland

Via qz

Beda sama dua wilayah sebelumnya, Somaliland justru udah mengklaim kemerdekaannya. Hanya saja kemerdekaan wilayah ini baru diakui secara de facto. Terletak di barat laut Somalia, Somaliland udah udah mata uang, pemerintah, dan pasukan militer sendiri. Saat ini Somaliland lagi gencar-gencarnya usaha biar bisa dapat pengakuan secara de jure.

4. Republika Srpska

republika srpska

Via total-croatia

Mungkin lo belom pernah dengar soal wilayah ini, tapi lo tahu soal Yugoslavia kan? Nah, Yoguslavia ini terpecah jadi 7 wilayah yang berbeda. Ada Slovenia, Serbia, Kroasia, Macedonia, Bosnia, Kosovo dan Montenegro. Nah, Bosnia dan Herzegovina ini punya dua wilayah otonomi. Satu di antaranya adalah yang Republika Srpaska yang menuntut buat merdeka.

5. Skotlandia

scottish

Via Independent

Pada tahun 2014, referendum kemerdekaan Skotlandia ditolak. Lalu, berbagai macam usaha terus dilakuin. Referendum terbaru hasilnya 55% penduduk pengen tetap bergabung sama Inggris. Masalah ingin memerdekan diri ini menjadi panas lagi setelah adanya pemungutan suara untuk Brexit. Hampir 62% penduduk Skotlandia ingin tetap bertahan di Uni Eropa. Sayangnya, hal itu nggak bisa diwujudkan dan muncullah berbagai protes lagi.

 

Komentar