Ichitan Photo Competition

USB

Lo pasti juga nggak tahu nih.

Selain gebetan, ada barang-barang di sekeliling lo yang penuh sama kode dan simbol. Saking banyaknya lo sampai nggak kepikiran buat cari tahu apa makna dari simbol itu. Yang penting tahu kegunaan dari barang bersimbol itu. Nggak masalah sih kalo lo punya pandangan kayak gitu. Akan tetapi seandainya lo tahu dari simbol-simbol di barang yang sehari-hari lo pakai pasti bakal jauh lebih menyenangkan. Pengetahuan lo jadi nggak cetek juga. Hihi.

Nggak usah semua kode dan simbol lo pahami. P! kasih beberapa yang tiap hari lo temui aja yah.

1. Bluetooth

Bluetooth

Lo pasti punya fitur ini di ponsel lo. Lo juga pasti cukup sering pakai fitur ini. Nah, coba lo ngaku deh. Lo pernah tahu nggak ini sebenernya simbol apaan sih? Nah lo. Bingung kan? Ini adalah gabungan dari dua lambang Skandinavia "H" dan "B" yang merupakan inisial nama penguasa Denmark abad 10 yang bernama Harald "Bluetooth" Gormsson.

2. USB

USB

Coba cek kabel USB lo, pasti ada tanda kayak yang di gambar itu. Yee kan? Tahu nggak apa maknanya? Tanda lingkaran, segitiga, dan kotak melambangkan perbedaan tipe koneksi.

3. Tanda panah di indikator bensin mobil

Indikator bensin

Suatu waktu mungkin lo bakal minjem mobil temen atau nyewa. Biar lo nggak bingung posisi tangki pas mau isi bahan bakar, lihat aja tanda panah di bagian indikator bensin. Arah anak panah itu nunjukin posisi tangki.

4. Logo pada keyboard Apple

Apple

Kalo lo pengguna laptop atau PC keluaran Apple, lo pasti kenal sama simbol itu. Ternyata itu adalah rambu lalu lintas di Swedia. Maknanya adalah sebentar lagi bakal ada landmark yang menarik. Simbol ini juga bisa ngebantu lo copas tulisan.

5. Kode laundry pada pakaian

Kode Laundry

Tiap beli baju atau celana pasti lo bakal nemuin simbol-simbol petunjuk pencucian ini. Sayangnya, kebanyakan orang sering mengabaikan karena nggak paham sama maknanya. Setelah ditelusuri ternyata ini adalah alfabet zaman kuno, bukan kode dari bahasa luar angkasa. Hihi.

6. On/Off

On/Off

Lo pasti ngeliat simbol ini tiap hari. Ada di HP, laptop, dan semua peralatan elektronik. Lo tahu nggak sebenernya ini simbol apaan sih? Ternyata simbol ini terbentuk dari dua kode biner yakni "1" dan "0". Kode "1" artinya hidup dan "0" artinya mati.

Komentar