Ichitan Photo Competition

manusia vs kemanusiaan

Ternyata masih ada banyak manusia yang jahat.

Manusia terus berubah dari waktu ke waktu. Ada perubahan yang positif, ada juga yang negatif. Ada penemuan di sana sini, ada juga yang dihancurkan di berbagai tempat. Yah, pokoknya gitulah siklusnya. Ada yang sibuk kampanye mencintai alam, ada juga yang sibuk ngerusak alam buat keuntungannya sendiri. Nah, kali ini yang bakal kita bahas adalah tindakan-tindakan manusia yang ngerugiin makhluk hidup lain. Semoga aja ini bisa jadi pengingat biar kita nggak ngelakuin hal nggak ngelakuin hal jelek gini.

1. Jumlah kanguru yang dibunuh tiap tahunnya

Ilustrasi

Via Visit Australia

Orang-orang di Australia membunuh lebih dari satu juta kanguru per tahun. Alasannya buat melindungi padang rumput dan kehidupan spesies lainnya. Emmm... tapi sejuta tuh bukan angka yang kecil loh.

2. Beruang madu yang kelaparan

beruang madu

Via Tribunnews

Di awal tahun 2017, masyarakat dihebohkan dengan berita ada beruang madu di sebuah kebun binatang di Bandung. Karena lapar, beruang madu itu sampai makan kotorannya sendiri. Kejadian ini tentu aja dapat kecaman dari banyak pihak, terutama para pecinta binatang.

3. Waktu perang

cropped war

Via warisacrime.org

Dalam kurunwaktu 3500 tahun, dunia ini ada di masa perang selama 3270 tahun. Itu artinya masa damainya cuma 230 tahun. Ngeri kan? Semoga aja udah nggak ada lagi deh perang-perang apalagi sampai banyak memakan korban. Enakkan juga damai. Bisa bebas ke mana aja tanpa dihantui rasa ketakutan.

4. Hewan laut yang mati

green sea turtle

Via National Geographic

Ada ratusan hewan laut yang ditemukan mati tiap tahunnya karena polusi di laut yang makin parah. Polusi itu tentu aja disebabkan oleh kelakuan manusia. Ada banyak sampah dan limbah bahaya yang dibuang ke laut. Akhirnya habitat spesies yang tinggal di sana jadi rusak. Banyak spesies yang nggak bisa bertahan hidup.

5. Burung di India

Bird

Via 7-themes.com

Ada lebih dari 300 spesies burung di India yang diternak. Burung-burung itu awalnya ditangkap dari alam bebas dengan cara yang nggak manusiawi. Setelah ditangkap dan dipelihara burung itu akhirnya dijual.

6. Anak sapi yang ditinggalkan

Ilustrasi

Via Imgur

Ada banyak banget anak sapi yang ditinggalkan itu aja sama pemiliknya gara-gara nggak bisa menghasilkan susu di India. Kasian banget yah. Ini namanya nyiksa makhluk hidup.

7. Kelinci yang dibunuh

Ilustrasi

Via foxnews.com

Lo pasti kaget kalo denger ini. Ada sekitar 1 milyar kelinci dan 50 juta binatang (rubah, cerpelai, anjing laut, anjin, dan hewan lain) yang dibunuh tiap tahunnya. Hewan-hewan itu dibunuh demi diambil kulitnya buat bikin berbagai macam benda.

8. Hutan yang dirusak

Forest

Via Mental Floss

Ini udah bukan isu yang asing lagi. Ternyata manusia udah ngerusak 50% dari hutan di Bumi. Kalo jumlahnya terus meningkat, pemanasan global dan keseimbangan lingkungan bakal makin kacau nih.

Komentar