Ilustrasi

Yang pasti bukan niru angkot.

Lo udah pernah naik pesawat dong? Kalo belom seenggaknya lo pernah ngeliat foto pesawat. Kalo lo perhatian dan level kepo lo tinggi, lo pasti pernah bertanya-tanya kenapa pintu masuk dan keluar di pesawat selalu ada di kiri. Kenapa nggak di kanan aja yah? Pasti ada sesuatu nih. Apa karena pesawat dan angkot mirip? Saat ada penumpang yang mau turun suka bilang "kiri, bang". Apa gitu?

Setelah P! kepo ternyata nggak ada hubungannya sama angkot. Justru pintu pesawat sebelah kiri ini dikaitkan sama kapal. Dari dulu, kapal selalu pakai pintu sebelah kiri buat menurunkan dan menaikkan penumpang. Alasannya adalah bagian itulah yang dekat dengan dermaga saat kapal parkir.

Ilustrasi

Ada spekulasi lain nih soal kenapa pintu keluar pesawat ada di sebelah kiri. Kali ini dikaitkan sama tentara di zaman dulu yang selalu menunggang kuda. Para tentara ini biasanya bawa pedang di sisi kiri pinggul. Nah, biar bisa naik kuda dengan nyaman dan gampang, para tentara akan naik dari sisi kiri. Lalu, tradisi ini terus berlanjut bahkan sampai berlaku saat orang mau naik pesawat.

Ilustrasi

Nah, itu adalah alasan yang berdasarkan sejarah dan asumsi orang. Kalo secara teknis, ada penjelasan lain nih. Posisi pintu masuk dan keluar sengaja ditaruh di sebelah kiri demi kenyamanan penumpang. Pilot bisa membuat mesin pesawat di sebelah kanan bisa terus bekerja. Selain itu pengisian bahan bakar pesawat juga dilakuin dari sebelah kanan. Demi keamanan, pergerakan dan lalu lintas penumpang akhirnya ditaruh di sisi kiri. Nggak cuma itu aja, makanan buat penumpang juga dimasukin ke pesawat lewat sisi kanan. Satu lagi, bagasi di pesawat juga di sisi kanan. Nggak kebayang dong betapa ramainya kondisi pintu masuk kalo misalnya semua kegiatan terpusat di sisi kanan?

Ilustrasi

Gimana? Udah cukup paham yah sama alasan di balik penempatan pintu masuk dan keluar pesawat? Ternyata itu bukan kebetulan atau suka-suka pembuat pesawat. Ada berbagai macam alasan dan pertimbangan penting.

Komentar