Korea Utara

Human interest at it's finest

Korea Utara emang terkenal sebagai negara yang tertutup dan kontroversial. Kalo lo ke Korea Utara, maka lo harus siap dengan berbagai peraturan dan larangan. Salah satunya adalah larangan untuk foto. Di negara ini lo nggak boleh sembarangan foto. Kalo lo sembarangan foto, lo bakal diminta ngehapus foto itu atau lo bakal kena hukuman. Walaupun risikonya gede, Eric Lafforgue bisa cukup beruntung untuk bisa masuk ke Korea Utara dan memotret situasi negara tersebut.

Sejak 2008, Lafforgue udah mengunjungi Korea Utara sebanyak enam kali dan berhasil memotret ribuan foto. Selama di sana, ia memotret situasi negara tersebut untuk ngasih liat kondisi asli negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu. Ketika ia ketauan memotret, ia kerap diminta untuk menghapus foto yang ia potret. Namun Lafforgue selalu menyimpan back up agar fotonya bisa tetap tersimpan. Dengan menampilkan foto-foto tersebut, Lafforgue berusaha untuk menampilkan wajah asli Korea Utara. Ia ingin menampilkan sisi baik dan sisi jelek negara itu secara jujur.

Perjalanan terakhirnya ke Korea Utara ia lakukan pada tahun 2012. Ketika itu, pemerintah Korea Utara mengetahui bahwa ia memotret Korea Utara secara ilegal dan membagikannya secara daring. Pemerintah Korea Utara pun meminta Lafforgue untuk menghapus foto-foto tersebut. Namun Lafforgue menolak hingga akirnya Ia tidak diperbolehkan lagi unutk mengunjungi negara tersebut.

Berikut ini beberapa foto karya Eric Lafforgue.

 

Perempuan berbaju merah muda di tengah pasukan tentara. Foto ini ilegal karena di Korea Utara, pasukan tentara nggak boleh difoto.

 

Di lo berkunjung ke sebuah keluarga di Korea Utara, para pemandu bakal minta lo untuk foto mereka untuk nunjukin bahwa anak-anak di Korea Utara punya komputer. Tapi kalo ternyata listrik lagi mati, mereka bakal minta lo untuk hapus foto tersebut.

 

Tentara sering ngebantu perkebunan atau pertanian lokal

 

Kalo rakyat Korea Utara nggak punya makanan, banyak dari mereka yang akan makan rumput yang ada di taman.

 

Seorang anak yang nggak disiplin yang berdiri di tengah jalan di sebuah jalan kecil di Samijyon. Anak tersebut berdiri di tengah jalan di depan sebuah bus yang sedang berjalan.

 

Di Korea Utara, cara berpakaian penting banget.Ketika 

Lafforgue menemui pasangan ini untuk meminta foto, sang gadis merapihkan kan baju sang kekasih sebelum difoto.

 

Karena sebelumnya mobil masih jarang ada di Korea Utara, anak-anak sering bermain di tengah jalan raya karena masih belum menyesuaikan diri dengan keadaan jalanan yang bermobil.

 

Selama tinggal di Korea Utara, Lafforgue sempet ngobrol dengan warga lokal selama berjam jam. Mereka bercerita tentang hidup mereka, mimpi mereka dan lain sebagainya. Lafforgue mengungkapka bahwa warga Korea Utara adalah orang-orang yang punya keingintahuan yang tinggi, ramah dan hangat, walaupun sebagian besar dari mereka nggak punya apa-apa.

Apa pendapat lo tentang Korea Utara? Yuk diskusiin di kolom komen!

Komentar