momofuku ando 5

Slurping down a little bit of history

Mie instan emang pantes banget ngedapetin gelar "the ultimate savior". Saat kelaperan tengah malem atau lembur ngerjain tugas, saat uang kiriman ortu makin menipis, saat diluar negeri makanan serba mahal, mie instan bisa jadi solusi paling terbaik. Tau nggak sih lo, ternyata mie instan atau ramen instan nggak cuma sekedar penyelamat dikala anak kos lapar, tapi lebih jauh dari itu sang penemu, Momofuku Ando menciptakan ramen instan untuk menghapus krisis kelaparan di Jepang.

Di era pasca perang dunia ke II, Kementerian Kesehatan Jepang mencoba mendorong rakyatnya untuk makan roti yang terbuat dari tepung terigu yang dipasok oleh Amerika Serikat. Ando berpikir, kenapa roti dan buka mie? Padahal mie lebih dikenal orang Jepang. Kementrian mejelaskan kalo perusahaan pembuat mie terlalu kecil dan nggak stabil buat memenuhi kebutuhan pasokan.

momofuku ando 4

Setelah hal tersebut, Ando memutuskan untuk mengembangkan produksi mie sendiri. "Perdamaian akan datang ke dunia saat orang-orang cukup makan," kata Ando. Ando mulai melakukan percobaan-percobaan untuk menyempurnakan resepnya dengan berbagai metode. Suatu malam, istrinya membuat makan malam dengan mencelupkan mie kedalam minyak panas yang menyebabkan mie menjadi kering dan renyah. Dari sanalah akhirnya Ando mendapatkan inspirasi membuat ramen instan.

Pada tanggal 25 Agustus 1958, di usia 48, Ando memasarkan paket pertama mie instan yang telah dimasak dengan rasa ayam asli yang disebut 'Chikin Ramen'. Awalnya ramen buatan Ando dianggap barang mewah dengan harga 35 yen. Sekitar enam kali lipat dari udon tradisional dan mie soba saat itu.

momofuku ando 2

Ando mulai menjual produknya yang paling terkenal, Cup Noodle (Kappu Nūdoru), pada tanggal 18 September 1971 dengan gagasan baru yaitu menyediakan wadah polistiren tahan air. Seiring penyesuaian harga, ramen instan milik Ando nggak lama menjadi bisnis yang booming. Dan Ando menjadi salah satu ikon kuliner dari Jepang sampai masa kini. Kalo lo penasaran sama perjalanan usaha, kegigihan dan karir Momofuku Ando menciptakan 'Cup Noodle' lo bisa dateng ke Momofuku Ando Memorial Museum atau yang lebih dikenal dengan Cupnoodles Museum di Osaka Ikeda dan Yokohama, Jepang.

momofuku ando 1

momofuku ando 3

Komentar