hugs

Jangan cuma virtual hug!

Coba lo inget-inget kapan terakhir kali lo berpelukkan sama mama lo, papa lo, adek lo, atau orang-orang yang lo sayang? Seberapa sering lo berpelukan sama mereka? Tiap hari atau justru cuma saat ada momen penting aja? Kalo frekensinya masih jarang, mulai sekarang coba ditingkatkan deh. Kenapa? Soalnya menurut penelitian ilmiah, pelukan adalah sesuatu yang punya banyak dampak positif. kalo nggak percaya, ini nih penjelasan ilmiahnya.

1. Saat lo memeluk seseorang, lo melindungi mereka dari stres dan infeksi

hugging meaning

Via First for Women

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering berpelukan lebih jarang kena stres atau terserang penyakit misalnya aja flu, demam, atau infeksi lainnya.

2. Pelukan bisa mengurangi rasa takut

hugging

Via The Eagle Online

Tiap kali lo ngerasa ketakutan yang luar biasa, coba deh lo peluk seseorang. Rasa takut lo pasti perlahan akan menurun. Yaps, memang begitulah dampak dari pelukan.

3. Cara yang efektif buat menurunkan tekanan darah

hug

Via Odyssey

Biasanya tekanan darah orang yang lagi stres, tertekan, atau marah akan naik. Saat lo ngalamin momen itu, cobalah buat memeluk seseorang. Cara ini akan membuat tekanan darah lo turun secara signifikan.

4. Pelukan akan membuat produksi hormon exytocin lancar

hugging

Via 30Seconds

Salah satu hal yang lo butuhkan buat ngerasa bahagia adalah produksi hormon exytocin. Nah, pelukan adalah salah satu cara agar otak bisa mengeluarkan hormon yang bikin lo bahagia dan mood bagus.

5. Pelukan akan meningkatkan empati

hug

Via BLUNTmoms

Berdasarkan penelitian, pelukan akan membuat lo jadi orang yang lebih punya empati. Selain itu, lo juga bisa lebih memahami apa yang dirasakan orang lain. Ini artinya lo akan lebih peka terhadap perasaan orang lain terutama saat mereka lagi sedih atau punya masalah.

Foto header: India.com 

Komentar