Lukisan “Le Marin” (Sang Pelaut) karya Pablo Picasso yang diperkirakan bernilai 70 juta USD atau sekitar Rp 986 miliar dikabarkan rusak. Hal tersebut terjadi pada pameran rumah lelang Christie’s yang berlangsung selasa lalu. Sampai saat ini, pihak rumah lelang tersebut tidak memberikan informasi mengenai kerusakan apa yang terjadi pada lukisan tersebut ataupun bagaimana hal tersebut bisa terjadi.

“Setelah berkonsultasi dengan pengirim barang hari ini, lukisan tersebut telah tarik dari rumah lelang Christie’s pada tanggal 15 Mei untuk memulai proses perbaikan,” ungkap pernyataan resmi rumah lelang tersebut. “Kami telah mengambil tindakan cepat untuk memperbaiki kemitraan kami dengan klien kami. Tidak ada informasi lebih lanjut untuk saat ini.”

“Le Marin” adalah salah satu dari tiga lukisan Picasso milik Steve Wynn, seorang pengusaha kasino terkemuka yang saat ini sedang menghadapi tuduhan pelecehan seksual yang terjadi pada tahun1970-an.

Lukisan ini bukanlah satu-satunya lukisan Picasso milik Wynn yang pernah rusak. Pada tahun 2006, Wynn yang mengidap penyakit mata pernah merusak lukisan Le Rêve secara tidak sengaja. Sebelum akhirnya rusak, lukisan tersebut bernilai 139 juta USD atau sekitar Rp 1,98 triliun.

Le Rêve

Komentar