pimple

Pasti ada yang ngalamin ini kan?

Setiap orang di dunia ini hampir bisa dipastikan pernah punya jerawat. Ada yang munculnya cuma satu, ada juga yang banyak banget dan tersebar di hampir di seluruh bagian wajah. Ini ngeselin tapi yang lebih ngeselin lagi adalah jerawat yang selalu muncul di tempat yang sama. Apa lo ngalamin hal itu? Berarti lo adalah korban "pimple pattern phenomenon" di mana jerawat lo nggak pernah mau pindah ke tempat yang lain.

Penasaran nggak sih kenapa hal itu bisa terjadi? Apa sih penyebabnya? Ada penjelasannya nih dari seorang ahli kosmetik Alain Michon, MD.

1. Pakai produk rambut yang salah

hair products

Via Today

Kalo jerawat lo selalu muncul di bagian jidat, lo harus menyalahkan rambut lo. Jerawat itu disebabkan oleh produk yang lo pakai buat rambut lo di antaranya hair spray dan minyak rambut. Ada kandungan kimia pada produk itu yang nggak menyebabkan kulit lo jadi lebih sensitif dan bahkan membawa bakteri penyebab jerawat.

2. Kebiasaan nyentuh wajah

face

Via Quora

Coba diinget-inget, secara nggak sadar mungkin lo punya kebiasaan megang wajah atau nopang wajah lo pakai tangan. Ini bisa menyebabkan bakteri yang nempel di tangan lo pindah ke wajah lalu jerawat yang udah mau sembuh jadi numbuh lagi deh.

3. Mencet jerawat

spot pickers

Via jeannebrophy.com

Ini adalah salah satu kegiatan yang sangat amat menyenangkan saat ada jerawat muncul di wajah. Rasanya pengen segera ngusir dengan mencetin satu per satu. Padahal itu adalah pilihan yang salah. Bukannya sembuh, jerawat lo bakal makin parah. Mungkin keliatannya sih jerawat lo kering, tapi tunggu aja beberapa saat. Jerawatnya bakal nongol lagi. Begitu terus sampai lo mau berhenti mencet si jerawat.

4. Hormon

acne

Lo nggak pernah nyentuh wajah ataupun mencet jerawat tapi tetep aja si jerawat muncul lagi, lagi, dan lagi? Itu artinya yang bermasalah hormon lo.

Komentar