archaeological findings header

Nggak sengaja tapi berharga

Para arkeolog mendedikasikan hidup mereka untuk mengungkap sejarah material dunia kita. Namun, beberapa penemuan arkeologi ditemukan sama orang biasa yang bahkan nggak menyadari apa yang terjadi. Sebuah penemuan yang menurut kita cuma barang rongsok ternyata sangat bernilai di mata para arkeolog. Bayangkan menemukan pintu masuk ke katakombe kuno di halaman belakang lo? How cool is that? Dilansir dari Bright Side, P! membuat daftar penemuan arkelogi yang nggak disengaja, beberapa di antaranya memiliki dampak yang sangat besar terhadap sejarah. Bersiaplah untuk beberapa penggalian!

10. Penemuan giant wolly mammoth oleh seorang petani

archaeological findings 1

James Bristle dan beberapa petani lainnya sedang menggali di ladang kedelai mereka dan menyadari ada sesuatu di dalam tanah. Mereka terkejut karena menemukan seekor mammoth raksasa berusia 15.000 tahun. Hal ini terjadi pada tahun 2015 di Michigan selatan di mana tengkorak dan dua taring ditemukan bersama dengan tulang belakang. Penemuan ini dapat mengubah tanggal tanda-tanda awal kehidupan dalam sejarah Amerika. Ahli mammoth terkenal, Daniel Fisher dari University of Michigan, menegaskan bahwa hewan tersebut telah dibunuh oleh manusia, sehingga membuktikan bahwa manusia ada bahkan sebelum era Clovis, sebuah teori yang masih dalam tahap awal kehidupan.

9. Penemuan Childeric’s treasure

archaeological findings 2

Pada tahun 1653, seorang buruh bernama Adrien Quinquin menggali tanah di gereja Saint-Brice di Tournai ketika ia pikir adalah kotoran, ternyata ia menemukan koin emas. Cincin runcing pada gambar di atas merupakan bagian dari Childeric’s treasure. Cincin emas yang berat dengan diameter 27mm, yang merupakan indikasi bahwa Childeric memiliki jari-jari gemuk yang besar. Selain CHILDERIC I REGIS (cincin dalam gambar), ia juga menemukan seratus koin emas, pedang terbuat dari emas dan garnet, alat kelengkapan kuda dan gesper, obor emas, kepala banteng emas, dan 300 lebah emas.

8. The Grauballe Man

archaeological findings 3

Saat para pekerja menggali gambut di sebuah rawa, tiba-tiba salah satu pekerja menyadari bahwa sekopnya tidak menyentuh gambut tetapi ada yang lain. Ternyata ia menemukan mumi Grauballe Man. Rambut dan kuku jari, hingga sidik jarinya masih utuh bahkan setelah berabad-abad. Mumi ini adalah yang pertama sepenuhnya diawetkan sebagai satu kesatuan tubuh.  The Grauballe Man diteliti pada beberapa kesempatan sejak penemuannya. Pada tahun 1955, The Grauballe Man dipindahkan ke Museum Moesgaard di dekat Aarhus, Denmark untuk dipajang di depan umum.

7. Hobbit di Indonesia

archaeological findings 4

Sebuah tim arkeolog dari Australia dan Indonesia sedang mencari bukti migrasi manusia dari Asia ke Australia. Tetapi penemuan para hobbit adalah peristiwa yang benar-benar tidak direncanakan dan mengejutkan mereka ketika mereka menemukan kerangka hominin yang lengkap. Apakah hobbit mungkin manusia modern yang cacat? Ataukah mereka spesies yang sama sekali berbeda? Misteri belum sepenuhnya dipecahkan, sebuah tim peneliti menggali kerangka seorang wanita di gua Liang Bua di pulau Flores, Indonesia pada tahun 2003. Setelah meneliti dengan seksama, mereka sampai pada kesimpulan bahwa wanita itu pasti bertubuh kecil, tetapi yang lebih misterius adalah kenyataan bahwa wanita itu memiliki otak yang luar biasa kecil. Beberapa orang mengatakan bahwa spesies ini adalah bagian dari evolutionary dwarfism. Namun, banyak pertanyaan yang masih belum terjawab terkait dengan spesies manusia mana yang merupakan leluhur langsung mereka.

6. Palatial Roman villa di halaman belakang rumah

archaeological findings 5

Keberuntungan berpihak pada desainer permadani Inggris, Luke Irwin, ketika dia meminta para tukang listrik yang bekerja di halaman belakangnya untuk meletakkan kabel-kabel di bawah tanah yang membuat mereka harus menggali. Penggalian itu mengarah pada penemuan sebuah vila Romawi kuno yang megah. Sama seperti Irwin, bahkan para arkeolog terkejut dengan penemuan ini. Selama penggalian, lapisan keras 18 inci di bawah permukaan tanah ini ditemukan memiliki potongan-potongan mosaik. Menurut para arkeolog, ini adalah penemuan kunci yang mirip dengan Chedworth dan dapat membuka basis pengetahuan yang luas tentang sejarah Inggris yang didominasi oleh Romawi.

5. Otzi the Iceman

archaeological findings 6

Dua turis Jerman mendaki gunung melewati Hauslabjoch dan Tisenjoch ketika mereka menemukan mumi manusia tertua yang awet secara alami. Mumi itu ditemukan pada bulan September 1991 di Ötztal Alps, yang memberinya julukan Otzi. Penemuan itu penting karena memberi pencerahan pada bangsa Chalcolithic (Copper Age) Eropa. Kisah menarik lain yang melibatkan Otzi adalah bahwa beberapa orang yang terlibat dalam penemuannya telah meninggal dalam keadaan misterius mengisyaratkan terhadap Otzi yang dikutuk.

4. The Derinkuyu Underground City

archaeological findings 7

Tahun 1963, seorang pria menemukan struktur dinding misterius di belakang salah satu kamar di rumahnya. Seorang arkeolog dipanggil untuk penyelidikan lebih lanjut, ternyata seluruh bagian terowongan ditemukan yang sekarang dikenal sebagai The Derinkuyu Underground City. Diperkirakan kota ini dibangun di era Bizantium untuk melindungi penduduk dari Muslim-Arab selama perang Arab-Byzantine. Terowongan ini sebagian besar digunakan oleh penduduk asli Kristen, memberi perlindungan dan menyediakan makanan yang menyelamatkan hampir 20.000 orang. Kota bawah tanah ini terletak di distrik Derinkuyu di Provinsi Nevşehir di Turki dan telah dibuka untuk umum sejak tahun 1969.

3. Lascaux cave paintings

archaeological findings 8

Marcel Ravidat, 18 tahun, secara kebetulan menemukan pintu masuk yang menakjubkan ke Lascaux. Karena terkejut, ia memutuskan untuk kembali ke situs dengan tiga teman dan mereka melihat bahwa dinding gua penuh dengan gambaran hewan. Ravidat kemudian diakui karena penemuannya. Gua itu dibuka untuk umum pada tanggal 14 Juli 1948. Namun, karena polusi udara, debu, dan paparan karbon dioksida, lukisan-lukisan itu mulai kehilangan bentuk aslinya. Pemerintah putuskan untuk menutup objek wisata tersebut. Lukisan-lukisan itu kemudian dikembalikan ke bentuk aslinya dan sistem pemantauan harian yang ketat diberlakukan. Lukisan-lukisan ini sebagian besar menggambarkan era Upper Paleolithic.

2. Prasasti Jehoash

archaeological findings 9

Penemuan Prasasti Jehoash ini dikelilingi oleh beberapa kontroversi ketika pertama kali ditemukan di sebuah situs konstruksi atau pemakaman Muslim dekat Temple Mount of Jerusalem. Setelah prasasti itu diterjemahkan, terungkap bahwa prasasti tersebut berbicara tentang perbaikan yang dilakukan di sebuah kuil di Yerusalem oleh Jehoash. Kontroversi lainnya adalah apakah prasasti itu asli atau pemalsuan modern. Otoritas kepurbakalaan Israel masih mempertanyakan keasliannya.

1. Sea of Galilee boat

archaeological findings 10

Dua nelayan bersaudara dari Kibbutz Ginnosar, Moshe dan Yuval Lufan, adalah arkeolog amatir yang tertarik untuk menemukan artefak dari masa lalu Israel. Saat itulah air surut secara drastis di laut Galilea dan sebuah perahu tua menarik perhatian mereka. Tim ahli melakukan penggalian perahu selama 12 hari. Perahu tersebut ternyata penemuan yang signifikan karena tidak hanya menggambarkan jenis perahu yang digunakan oleh orang-orang Yahudi di zaman kuno, tetapi juga diasumsikan sebagai jenis perahu yang digunakan Yesus. Perahu-perahu jenis ini disebutkan beberapa kali dalam Injil.

Bonus

Kerangka dan kereta kuda di makan Dinasti Zhou

archaeological findings 11

Para ilmuwan dan arkeolog percaya bahwa lubang pemakaman ini milik salah satu keluarga bangsawan dari negara Zheng (806–375 SM). Penggalian ini dianggap penting karena disaksikan oleh penggali makam yang dipimpin oleh Ma Juncai. Penggalian itu dilakukan di Cina tengah, di kota Xinzheng, di mana puluhan kereta kuda dan hampir 100 kerangka kuda ditemukan berusia 2400 tahun. Salah satu yang menarik dari penggalian ini adalah kereta yang panjangnya 2,4m dan lebar sekitar 1,7m dan dihiasi dengan perunggu dan tulang.


Siapa yang tau kalo di sekitar kita ternyata ada penemuan berharga. Nah, mulai deh aware dengan sekitar. Gali-gali tanah di halaman bekalang rumah atau lapangan komplek, kali aja ketemu harta karun, hehhee.

 

Photo courtesy by ZHANG XIAOLI, XINHUA/FAME/BARCROFT/National Geographic, © Daryl Marshke/University of Michigan, Wikipedia, Commons/Wikimedia, Depositphotos, Generation Word Bible Teaching, Sisse Brimberg/ Natonal Geographic, Crystalinks, Brightside.me

Komentar