Otaku

Ini nih yang bikin Jepang beda. 

Siapa nih yang punya impian buat liburan ke Jepang tapi belom juga kesampaian? Semangat yah nabungnya biar segera ke negara yang super unik ini. Selain punya beberapa pulau yang dihuni hewan tertentu, semangka berbentuk kotak, dan berbagai inovasi unik di bidang IT, Jepang masih punya beberapa hal yang membuatnya beda dari negara lain. Hal-hal yang dianggap aneh di negara lain malah dianggap normal dan wajar di Jepang. Contohnya aja yang berikut ini nih.

1. Ada yang namanya 'evaporating people'

Orang jepang

Via Depositphotos.com

Bagi orang Jepang, harga diri dan kehormatan adalah segalanya. Saat mereka gagal ujian, dipecat, bercerai, atau terlilit hutang, mereka bakal berusaha buat menghilang dari kehidupan sosialnya. Beberapa orang memutuskan buat bunuh diri atau pilihan kedua adalah 'evaporating'. Pilihan kedua ini sebenernya dianggap tabu dan nggak pernah diobrolin di masyarakat tapi banyak orang melakukan ini. Ada dua cara buat melakukan 'evaporating' ini. Pertama, mereka pindah ke sebuah kota bernama Sanya yang nggak pernah ada di peta. Secara teknis kota ini bahkan nggak ada. Ini adalah sebuah tempat pemukiman kumuh di pinggiran Tokyo yang namanya udah dihapuskan oleh pemerintah. Kedua, mereka mengurung diri di rumah, ganti kerjaan, dan menghindar dari keluarga maupun teman selamanya.

2. Otaku adalah cara lain buat menghilang dari masyarakat

otaku

Via Wikimedia

Cara lain yang nggak kalah populer terutama di kalangan anak muda Jepang adalah 'otaku'. Buat yang belom tahu, otaku adalah seseorang menghilang dari lingkaran perteman dan keluarganya lalu dia hidup dengan menjadi karakter anime favoritnya. Orang ini bakal bikin rumah, pakai pakaian, dan melakukan berbagai aktivitas layaknya karakter anime yang dia idolakan. Sebagian besar orang yang memutuskan buat jadi otaku hidup do Akihabar area. Di wilayah ini ada banyak barang yang bisa memenuhi kebutuhan mereka sebagai karakter anime.

3. Ada kota di balik tembok tinggi

Jepang

Via Brightside

Masih inget sama tembok yang dibangun buat melindungi orang dari monster lautan di film "Pacific Rims"? Tembok serupa beneran ada di Jepang loh. Eits, bukan karena ada monster yah. Tembok setinggi 42 kaki ini dibangun buat melindungi kota yang ada di pesisir pantai dari tsunami. Seandainya tsunaminya lebih tinggi, tembok ini bisa jadi penghalang sementara yang bakal menahan air sehingga waktu evakuasi bakal lebih lama. Tembok ini sebenernya jadi kontrovesi sih. Ada yang nggak setuju karena tembok ini bikin masyarakat ngerasa kayak dipenjara.

4. Ada agensi buat minta maaf

Apology agencies

Via Toho

Kadang minta maaf adalah sesuatu yang nggak gampang. Nah, buat ngebantu orang yang pengen minta maaf tapi nggak mau melakukannya sendiri, di Jepang ada agensi minta maaf. Yoih, agensi ini bakal ngebantu kliennya buat minta maaf ke seseorang. Tarif yang dipasang beda-beda mulao dari 96 dolar AS hingga 240 dolar AS.

5. Ada toko buat nyobain banyak produk

beauty products

Via Flickr

Ada sebuah toko di Jepang yang bernama Sample Lab. Di sini, lo bisa jadi orang pertama yang nyobain contoh produk dari berbagai macam produk. Ada saus, minuman, produk kecantikan, dan masih banyak lagi. Orang yang mau ke sini harus jado member dulu. Syaratnya berusia di atas 16 tahun dan mau membayar biaya keanggotaan sebanyak 9 dolar AS.

Komentar