bandara beijing

Hasil rancangan mendingan Zaha Hadid

 

Bandara baru di Beijing dinobatkan sebagai bandara terbesar di dunia. Pasalnya, bandara yang terletak di distrik Daxing, ini luasnya mencapai 700.000 meter persegi dan akan mampu menampung sekitar 100 juta penumpang per tahunnya.

Bandara ini juga akan menjadi basis baru untuk China Southern Airlines dan China Eastern Airlines. Bandara ini akan menempatkan anggota aliansi SkyTeam di satu atap dan memungkingkan untuk memudahkan penumpang.

Penasaran dongg siapa sih orang yang di balik rancangan mega bandara ini? Tidak lain dan tidak bukan adalah mendingan Zaha Hadid, seorang arsitektur ternama dunia. Rancangan Bandara baru Beijing ini menjadi pekerjaan terakhirnya sebelum beliau meninggal.

Hadid membuat desain yang inovatif yang akan mencakup hub pusat dengan enam paku melengkung dengan trotoar yang terhubung dari satu titik ke titik lain yang berfungsi untuk mempermudah navigasi terminal.

Pada fase pembukaan awal. bandara ini akan memiliki empat landasan pacu. Kemudian di fase selanjutny akan menambahkan area yang dapat meningkatkan kapasitas bandara.

Bandara ini juga akan memiliki kereta api dengan kecepatan tinggi yang dapat digunakan oleh penumpang. Buat lo yang mau ke Beijing dan menjadi saksi kebesaran bandara ini, sabar yaa. Menurut kabar, bandara ini baru akan beroperasi pada 2019. Lumayan kan bisa nabung dulu. Hihi.

 

Via Travel + Leisure

Komentar