pesawat1.jpg

Ternyata, naik pesawat dulunya kayak gini ya..

Naik pesawat di masa kini bisa memberikan solusi buat orang yang lagi butuh nyampe di suatu tempat. Khususnya buat yang lagi ada urusan kerja, projekan, lagi mau pergi ke sebuah benua yang nggak terjangkau lewat daratan, atau lagi LDR (Long Distance Relationship) terus kebelet banget buat ketemu, hehe. Seiring berjalannya waktu dan banyaknya manusia yang makin banyak kebutuhannya juga, layanan penerbangan dan pesawat mengalami perubahan juga. Dikutip dari Insider, P! merangkum betapa bedanya penerbangan pada zaman dahulu sekitar tahun 1930-1980an dengan penerbangan masa kini. Mau tahu bedanya? Ini nih..

 

1. Dulu Masih Dikit yang Naik Pesawat, Jadi Cukup Antri Aja

Yhhaa, dulu kan kebutuhan buat menuju lokasi terjauh di sebuah benua atau kota masih sedikit tuh. Palingan cuma kebutuhan buat berperang aja deh. Makannya pesawat buat tranportasi penumpang peminatnya cuma dikit, kereta yang paling laku. Jadinya kalau menuju pesawat cukup jalan kaki dan antri di lorong yang kecil kayak foto di bawah ini nih.

photo2.jpg

Tapi kalau sekarang? Waduhhh, udah rame kayak pasar! Bahkan sekarang kan udah ada bus sendiri yang bakalan nganterin kita ke lokasi tempat parkir pesawatnya yang ternyata jauh dari boarding room kita. Saking banyaknya orang yang naik, antrinya juga kudu sabaran, hehe. 

photo2a.jpg

 

2. Traffic Control-nya Masih Simple, Nih

Dikutip dari Insider, room buat traffic control penerbangan terlihat masih simple banget panelnya saat tahun 50an. Alat-alatnya masih nggak ribet, tapi banyak orang yang bekerja. 

photo3.jpg

Tapi zaman udah maju, teknologi juga makin berkembang pesat. Manusia tergantikan dengan mesin yang lebih memudahkan kerja manusia juga, dan hasilnya lebih akurat. Jadinya manusia dikurangin tapi mesinnya dibikin banyak. Hmm, yang lihat kadang ribet juga mesinnya banyak, hehe. Tapi gapapa, semoga dengan adanya teknologi ini bisa membuat traffic flight mudah dikendalikan dan lebih teratur. 

photo3a.jpg

 

3. Dulu Bisa Sambil Tiduran di Kelas Ekonomi

Bayangin tuh, dulu naik pesawat kelas ekonomi aja bisa sambil selonjoran kakinya. Sungguh kemuliaan yang HQQ. Sekarang? Uhhhh, udah kudu banyakin sabar karena banyak juga yang pengen naik pesawat dan nyampek cepet di tempat tujuan, gengs. 

pesawat1.jpg

 

4. Banyak yang Kosong, Ruang Buat Kaki Masih Luas

Waduhhh, kosong gitu, yak? Berasa naik pesawat jet milik pribadi nih jadinya, hehe. Kaki juga bisa bebas selonjoran tanpa kudu khawatir kejedot kursi bagian depan kalian. 

photo4.jpg

Kalau sekarang udah kudu posisi 90 derajat nih, hehe. Selonjoran dikit ke depan udah ketemu sama bangku atau kadang ketemu sama kakinya orang yang lagi duduk di depan lo. Nasyibbb, gapapa yakkk~

photo4a.jpg

 

5. Pesawat Zaman Dulu Masih Punya Ruang Agak Luas Buat Toilet

Wah, kayaknya sempet banget tuh buat touch up makeup, atau sekedar duduk di depan kaca memandang masa depan yang masih abu-abu. Lumayan agak luas ya untuk toiletnya, bahkan lo masih bisa duduk dengan nyaman. 

photo5.jpg

Kalau yang sekarang sih seadanya aja, yang penting bisa buang air kecil, dan buang air besar yak. Daripada di atas awan nggak bisa pipis atau BAB kan berabe juga nunggu berjam-jam, huhu. 

photo5a.jpg

Photo via Insider

Komentar