smelling

Wahhhh gokil!!

 

Pernah nggak sih lo ngebayangi kalo liat video atau foto makanan bakal kecium juga aromanya? Atau lo bisa mencium wangi bunga sakura yang bermekaran di Jepang hanya dengan liat foto atau videonya?

Ahh mustahil itu mahh!

Eitsss bisa jadi yang mustahil itu jadi nyata, termasuk mencium aroma secara online. Semua bisa terjadi. Kabar gembiranya kemungkinan ini sedang dikerjakan oleh sekelompok peneliti di Imagineering Institute di Malaysia.

Kasun Karunanayaka dan timnya tengan bereksperimen dengan teknologi untuk mengirimkan "bau digital" melalui internet. Tim ini berusaha untuk menemukan cara untuk menginduksi bau digital dengan bahan kimia.

Sejauh ini tim peneliti telah mampu mengirimkan aroma hantu dengan mendorong kabel tipis ke hidung partisipan. Dari eksperimen tersebut, memungkinkan elektroda untuk menyentuh dan mengkatalisasi neuron di saluran hidung.

Kebanyakan partisipan menggambarkan aroma sebagai "harum" atau "kimia". Beberapa dapat mendeteksi catatan dari aroma fruitiness, manis, woodinees, atau pun "toasted minty".

Meski begitu, peneliti masih perlu menyempurnakan eksperimen tersebut supaya menjadi sesuatu yang akan nyaman bagi pengguna digital. Misalnya dengan memverifikasi keragaman aroma yang mungkin saja dirasakan berbeda tergantung pada usia, jenis kelami, dan ekstemintas biologis seseorang.

Mungkin masih butuh waktu cukup lama. Bersiaplah!!!

 

 

Via Design Taxi, Gif by Reaction GIFs

Komentar