ilegal di dunia online

Biar lo nggak salah langkah.

Apakah lo pernah melakukan sesuatu yang ilegal alias melanggar hukum saat menjelajah internet akhir-akhir ini? Yakin beneran belom pernah? Hukum internet mungkin masih ada yang membingungkan dan terus berubah. Sulit buat lo mengikuti apa yang bener-bener sah dan ilegal. Yah walaupun sebagian besar terlihat wajar, itu nggak bikin lo terhindar dari masalah. Mulai dari torrent hingga streaming online yang nggak resmi, kebiasaan-kebiasaan ini ternyata salah besar loh! Daripada semakin bingung, langsung aja yuk kita tengok hal-hal yang sebenernya ilegal di dunia online.

1. Torrent

Torrent

Torrent emang nggak melanggar hukum, tetapi kalo lo 'torrenting', seperti mengunduh, nge-download, atau nyebarin konten via torrent yang dilindungi hak cipta, itu sih namanya ilegal. Ribuan orang telah dituntut karena mencuri konten yang dilindungi hak cipta.

2. Cyberbullying

Cyberbullying

Cyberbullying adalah jenis pelecehan yang ganas dan kadang nggak terdeteksi. Di Amerika Serikat, setiap negara bagian memiliki peraturan mengenai anti-bullying untuk melindungi seseorang yang dilecehkan secara online. Hukumannya macem-macem, si pelaku bisa dikeluarin dari sekolah, bahkan sampai mendapat tuntutan pidana karena pelecehan.

3. Layanan Streaming TV Tidak Resmi

Layanan Streaming TV Tidak Resmi

Jutaan orang secara ilegal menonton acara televisi dan film melalui website streaming online ilegal. Game of Thrones, misalnya, dianggap sebagai salah satu acara televisi HBO yang paling banyak ditonton via layanan streaming non resmi.

4. Ad Blockers

Ad Blockers

Di sebagian besar negara, Ad Block emang belum dipermasalahkan. Di sisi lain, China udah menentang pemblokiran iklan dan melarangnya di negara mereka.

Emang sih, Indonesia belum ketat banget soal aturan di dunia online. Lo masih bisa berselancar bebas dan menikmati berbagai akses online secara asoy. Manfaatin internet sebaik-baiknya aja yah, siapa tau lo bisa jadi selebgram dan YouTuber yang baik dan budiman, ahay!

Komentar