i.o.i source tower dot jp

Berharap bisa balik jadi girlband lagi nggak siiiih??

Sedih nggak sih waktu denger kabar para girlband favorit lo disband? P! aja yang taunya cuma nyanyi sepotong-sepotong sedih banget baca beritanya. Mempertahankan sebuah girlband di industri entertainment Korea emang nggak mudah guys. Banyak yang harus dipertaruhkan. Mulai dari waktu, uang sampe privasi. Belum lagi masalah manajemen atau ego dari masing-masing personel. Walaupun begitu, para fans masih kangen nih sama show dari beberapa girlband yang udah bubar ini. Siapa aja sih mereka??

1. Wonder Girls

wonder girls source billboard

Dikenal sebagai Ratu Retro Korea Selatan, single hit mereka "Tell Me", "So Hot", dan "Nobody" menyapu fans K-Pop dunia ke dalam kegilaan Wonder Girls. Pada 2013, Sohee dan Sunye meninggalkan JYP Entertainment. Anggota yang tersisa - Yubin, Yeeun, Hyerim dan Sunmi melakukan upaya untuk menjaga mimpi Wonder Girls tetap hidup. Pada 2017, JYP Entertainment mengumumkan bahwa Wonder Girls bubar. Cuma Yubin dan Hyerim memperbarui kontrak mereka.

2. KARA

kara source fanpop

KARA terkenal karena natural appeal ditambah gerakan tarian adiktif yang membuat semua orang bergoyang mengikuti irama lagu mereka. KARA juga merajai tangga lagu Jepang, dan memecahkan beberapa record di tangga lagu Oricon! Namun pada tahun 2014, Nicole dan Jiyoung memutuskan untuk nggak memperbarui kontrak mereka. Meskipun anggota yang tersisa berusaha untuk merekrut anggota baru yaitu Youngji. Gyuri, Seungyeon, dan Hara memutuskan untuk nggak memperbarui kontrak mereka pada tahun 2016.

3. 4Minute

4minute source sbs

Salah satu grup “girl crush”, 4Minute menyampaikan pesan pada lagunya tentang percaya diri dan kuat. Tampilan & suara mereka bikin mereka jadi populer banget, nggak cuma di Korea, tetapi di seluruh dunia. Mereka merilis single terakhir mereka sebagai grup, "Hate", pada Januari 2016 dan mengumumkan pembubaran mereka pada bulan Juni 2016. Semua anggota kecuali Hyuna memutuskan untuk nggak memperbarui kontrak mereka dengan Cube Entertainment.

4. 2NE1

2ne1 sorce digital spy

2NE1 dicintai karena keunikan, suara, dan umumnya mereka nggak takut untuk mencoba hal-hal baru sebagai sebuah girlband. Mereka populer secara internasional dan kolaborasi dengan artis luar negeri seperti will.i.am dan duo hip-hop Jepang m-flo. Setelah penangguhan kontrak Bom karena skandal narkoba 2014, anggota lainnya mulai punya proyek individu. Pada April 2016, YG Entertainment mengkonfirmasi kepergian Minzy dan kemudian pada bulan November mereka mengumumkan pembubaran grup.

5. SISTAR

sistar source billboard

SISTAR yang disebut "Queens Of Summer" karena merilis lagu yang sempurna untuk liburan musim panas. Mereka juga dikenal sebagai "fit-dols" karena karena pakaian panggung cantik dan body yang aduhai. Pada Mei 2017, mereka mengumumkan bahwa single mereka yang berjudul "Lonely" menjadi comeback terakhir mereka setelah 7 tahun bersama.

6. miss A

miss a source yellowslugreviews wordpress

miss A memulai debutnya sebagai grup wanita tercepat yang mendapatkan tempat nomor satu di acara musik dengan lagu debut mereka, "Bad Girl Good Girl". Mereka sangat populer di Tiongkok, terutama dengan dua anggota Tionghoa, dan Suzy yang udah bintang Hallyu melalui aktingnya. Pada Mei 2016, Jia meninggalkan grup dan Min pergi pada bulan November 2017 ketika kontraknya dengan JYP berakhir. Akhirnya, pada bulan Desember 2017, JYP Entertainment mengkonfirmasi bahwa grup tersebut telah bubar.

7. I.O.I.

i.o.i source tower dot jp

Ada 11 gadis dari Produce 101 Season 1 dipilih langsung. Bersama-sama, mereka merilis 2 EP & enam single, dengan "Very Very Very" menjadi single pertama mereka. I.O.I. dipromosikan bersama dari April 2016 telah kembali ke label masing-masing pada Januari 2017.


Walaupun nggak bisa bareng lagi karena udah bubar, at least P! dan para fans berharap mereka bisa ketemu lagi saat reuni ya. Semoga pada reuniaaann. Aamiin!!

Komentar