broccoli

Yang keliatan natural belom tentu natural.

Ada banyak hal di dunia ini yang terjadi secara alamiah tapi ada juga yang merupakan hasil rekayasa dan inovasi manusia. Di era yang udah serba canggih ini, manusia makin mungkin dan mudah buat merekayasa segala sesuatunya. Bahkan sampai udah ada penemuan bulan buatan. Canggih nggak tuh? Selain bulan buatan, ada beberapa hal lain yang selama ini kita anggap natural alias asli bikinan alam padahal kenyataannya udah kena campur tangan manusia. Apa aja yah? Simak nih.

1. Mutiara

mutiara

Via Pixabay

Secara alamiah, tiram emang menghasilkan mutiara akan tetapi lo harus tahu bahwa jumlahnya sangat amat sedikit. Kalo dihitung jumlah mutiara yang dihasilkan oleh tiram secara alami cuma bisa mencukupi satu persen dari kebutuhan manusia. Untuk menutup kekurangannya, 99 persen mutiara di dunia ini adalah mutiara hasil budidaya dan ditumbuhkan oleh petani mutiara. Ada proses cukup panjang yang dilakukan oleh para petani demi akhirnya mendapatkan mutiara. Bahkan, mereka juga menambahkan pewarna pada mutiara hasil budidaya.

2. Brokoli

broccoli

Via BBC Good Food

Ada beberapa sayuran dan buah yang tumbuh secara alami di bumi tapi ada juga yang merupakan hasil inovasi manusia. Satu di antaranya adalah brokoli. Sayur yang satu ini adalah hasil dari pembiakan kubis liar. Brokoli pertama kali ditanam oleh petai Italia pada abad ke-16. Kemudian sayur ini makin terkenal dan masuk ke Inggris lalu ke Amerika.

3. Aroma gas

lpg

Via IndiaMART

Kalo lo ngeganti LPG buat kompor, lo pasti bakal mencium aroma gas yang cukup menyengat. Tahu nggak sih aroma itu sebenernya buatan manusia. Aroma itu dibikin lebih menyengat dari aroma alami gas. Tujuannya biar orang-orang bisa lebih gampang peka saat mencium aroma gas. Selain itu ada zat yang ditambahkan pada gas supaya mengurangi resiko ledakan.

4. Kalkun Putih

whiteturkey

Via ChickensDirect.net

Kalkun yang selalu jadi bagian dari perayaan Thanksgiving, ternyata nggak tumbuh secara alami loh. Sekitar 99 persen dari kalkun itu adalah hasil inseminasi buatan manusia karena mereka nggak bisa berkembangbiak dan nyari pasangan secara alami selama beberapa tahun belakangan. Sebenernya saat ini masih ada sih kalkun yang alami yang lahir dari telur alami, bukan hasil inseminasi buatan tapi jumlahnya sangat terbatas.

Komentar