gosok gigi

Rasanya jadi pahit gimana gitu.

Lo pasti pernah makan setelah gosok gigi. Mungkin nggak sering tapi lo pasti pernah kan? Nah, rasa makanan yang awalnya enak-enak aja bisa berubah jadi nggak enak. Ada campuran rasa pahit, asem, pokoknya ngaco deh. Kalo lo lupa rasanya gimana, lo bisa langsung cobain sekarang juga. Giiih, lo gosok gigi lalu makan atau minum jus jeruk, es teh atau apapun kecuali air putih yah.

gosok gigi

Via Cirocco Dental Center

Dari mana munculnya rasa nggak enak itu? Lo harus berterimakasih sama sodium lauryl ether sulfate (SLES) atau sodium lauryl sulfate (SLS) kerana udah ngerusak rasa makanan dan minuman lo. Satu di antara zat itu selalu ada di pasta gigi. Lo bisa cek pasta gigi yang lo pakai mengandung zat yang mana. Yang pasti sih kedua zat itu surfaktan. Apaan tuh? Surfaktan adalah zat pembasah yang menurunkan tegangan pada zat cair. Zat itu ditambahkan ke pasta gigi buat menghasilkan busa dan membuat pasta lebih gampang menyebar di sekitar mulut. Bahan yang satu ini juga penting dipakai di detergen, pelembut kain, cat, dan insektisida. Nggak usah takut, zat ini aman kok dan justru bikin kita lebih mudah saat menggosok gigi.

makan

Via esi.academy

Terus apa hubungannya sama rasa nggak enak pada makanan? SLEs dan SLS merusak rasa makanan dengan dua cara. Pertama, zat itu menekan reseptor sehingga kita susah merasakan rasa manis pada makanan dan minuman. Kedua, zat itu juga memecah fosfolipid di lidah kita. Saat molekul itu dipecah rasa pahit di lidah kita akan meningkat.

pasta gigi

Via VideoHive

Hmmm... pantes aja makanan dan minuman apapun jadi terasa kurang manis dan malah cenderung lebih pahit dari yang seharusnya. Terus gimana caranya biar bisa tetep makan enak meski habis sikat gigi? Saat ini udah ada beberapa pasta gigi yang nggak mengandung SLES ataupun SLS. Cari aja. Dengan begitu lo bisa sarapan dengan enak atau cara yang lebih gampang lagi adalah makan dulu baru gosok gigi.

Foto Header: huffpost.com

Komentar