Lu Guang

Siapin tisu.

Lu Guang adalah seorang fotografer yang udah memenangkan cukup banyak penghargaan. Lewat foto hasil karyanya, dia mencoba menunjukkan sisi lain dari kehidupan masyarakat China yang selama ini nggak banyak diketahui orang. Dia memotret kehidupan pasien HIV, masalah lingkungan, dan isu lainnya. Nah, belakangan namanya menjadi pembicaraan karena istrinya yang bernama Xu Xiaoli mengatakan bahwa suaminya nggak ada kabar sejak tanggal 3 November lalu.

Pada 23 Oktober, Guang terbang ke Urumqi, Xinjiang, untuk menghadiri acara fotografi. Setelah itu dia terbang lagi ke Sichuan buat ketemu temannya di acara amal. Sayangnya, dia malah nggak bisa dihubungi sampai sekarang. Semoga aja segera ketemu dan kondisinya baik-baik aja yah.

Lu Guang

Berikut ini adalah beberapa foto karya Lu Guang yang cukup fenomenal. Lo mungkin akan merinding, kaget, atau bahkan bisa nangis.

Pada 16 Juli 2010 ada pipa dari Newport Oil Wharf of Dalian Bay yang meledak. gara-gara kejadian ini, ada banyak minyak yang masuk ke laut.

Lu Guang 1

Lu Guang memenangkan kompetisi 2004 World Press Photo Competition karena karyanya yang mengangkat sebuah desa AIDS. Di desa itu ada 678 orang terinfeksi HIV setelah menjual darah mereka. Saat itu udah ada 200 orang di antaranya yang meninggal.

Lu Guang 2

Ini adalah potret anak-anak penderita cerebral palsy yang memakan bubuk susu. Yaps, mereka makan dengan cara seperti ini karena penyakit ini membuat para anak ini susah bergerak.

Lu Guang

Ini adalah potret Laseng Temple yang merupakan tempat bersejarah. Usianya udah lebih dari 200 tahun. Sayangnya, saat ini tempat ini udah tertutup sama polusi dan cuma ada sedikit orang yang ibadah di sini.

Lu Guang 4

Qi Guihua sedang digendong oleh suaminya. Dia sakit setelah kembali dari Spring Festival yang diadakan di Beijing. Dia meninggal dunia dua jam setelah foto ini diambil.

Lu Guang 5

Ini adalah salah satu keluarga yang rela menjual harta benda yang mereka miliki demi sembuh dari penyakit mematikan. Mereka sampai nggak punya apa-apa lagi.

Lu guang 6

Ada banyak pabrik yang dipindah ke bagian barat China. Nah, yang satu ini merupakan potret saat para pekerja tetap bekerja di tengah polusi yang parah.

lu guang 7

Itu baru sebagian dari hasil jepretan Lu Guang yang cukup fenomenal dan udah menang kompetisi. 

Foto: Lu Guang

Komentar