air mendidih

Nyesel baru tahu sekarang.

Kita sekolah selama kurang lebih 12 tahun dari SD sampai lulus SMA. Selama itu ada banyak banget hal yang diajarkan mulai dari mengenal abc, ngitung 1+1, sampai ngitung kecepatan kelapa yang jatuh dari pohonnya. Meski udah ada banyak pengetahuan tapi tetep aja ada beberapa hal yang kelewatan. Beberapa di antaranya adalah fakta-fakta yang bakal kita simak kali ini.

1. Pisang mengandung zat radioaktif.

pisang

Via Medical News Today

Beneran nih? Bener dong. Kandungan potasiumnya yang jadi pemicunya. Akan tetapi lo nggak perlu takut. Ini nggak bahaya kok. Radiasinya baru akan menyebabkan kematian kalo lo makan sekitar 10 juta pisang dalam satu waktu. Nggak mungkin dong lo makan pisang sebanyak itu? makan dua aja udah kenyang euy.

2. Air panas lebih cepat membeku dibanding air dingin.

air dingin

Via Medikoe

Inilah yang disebut 'Mpemba effect'. Seorang siswa di Tanzania mengatakan ke gurunya kalo adonan es krim yang panas lebih cepat membeku dibanding adonan dingin. Ilmuwan pun membenarkan temuan ini. Wah, mulai sekarang bikin es batu pakai air panas aja deh biar lebih cepet.

3. Air dingin lebih cepat mendidih dibanding air panas.

air panas

Via Livestrong.com

Pernah nggak lo masak air panas dengan harapan biar lebih cepat mendidih? Pasti pernah kan? Itu salah. Justru air dinginlah yang bakal lebih cepat mendidih dibandingkan air panas.

4. Sekitar setengah dari tubuh lo dipenuhi sama bakteri.

clostridium bacteria

Via The Independent

Penelitian pada tahun 2014 memperkirakan bahwa tubuh manusia terdiri dari 39 trilyun bakteri dan 30 trilyun sel manusia. Wowww, banyak juga yah ternyata padahal udah cukup sering mandi loh. Hihi.

5. Kita nggak bisa ngebayangin gimana bentuk semesta.

universe

Via YouTube

Yaps, susah banget ngebayangin bentuk semesta secara keseluruhan. Mungkin clue ini bisa ngebantu. Sekitar 96% dari semesta adalah sesuatu yang gelap. Pokoknya nggak bisa dideteksi sama manusia.

Komentar