jack.gif

Jangan syedihhh, semangat terus aja!

Nggak ada orang di muka bumi ini yang nggak pengen diapresiasi, walaupun cuma secuil aja. Karena rupanya dengan apresiasi, kita bisa membuat orang lain senang, bahagia, dan merasa bahwa dirinya punya peran di tempat yang sedang dinaunginya. Ketika apresiasi itu nggak ada, rasanya pasti nyesek banget~ Pasti rasanya kayak dianggap nggak ada dan nggak berguna. Walaupun lo udah berkontribusi, tapi mereka yang ada di sekitar lo tetep aja nggak menggubris dan menanggapi apa yang lo berikan. Hmm, P! paham kok kalau niat lo baik buat bantuin orang di sekitar lo, tapi kalau udah nggak diapresiasi begini jangan syedih yaaa, gengs. Emang nyesek sih, tapi P! punya beberapa hal yang bisa dilakuin saat lo merasa kurang diapresiasi oleh sekitar. Nihh yang bisa lo lakuin~

1. Jaga Emosi, Jiwa, dan Raga

Kalau lo merasa udah kayak nggak diapresiasi sama sekitar, coba tarik nafas dalam-dalam. Setelah itu, minum air putih yang banyak, makan yang enak-enak biar lo bahagia. Jangan lupa jaga emosi, jiwa, dan raga. Karena satu, siapa tahu itu cuma kecurigaan yang muncul dari pikiran lo. Dua, kalau lo emosi juga jadinya kelihatan kekanak-kanakan. Lebih baik lo take a time dulu aja. 

via GIPHY

2. Introspeksi Diri

Setelah lo take a time, saatnya introspeksi alias ngobrol sama diri lo sendiri. Coba lo analisis sumber dari sesuatu hal sampai pada akhirnya lo kurang diapresiasi. Mungkin ada sebab dan akarnya sampai pada akhirnya lo dipelakukan kayak gitu. Setelah lo tahu sumbernya dari mana, lo bisa mulai memperbaikinya menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

via GIPHY

3. Ngobrol dan Minta Pendapat Sama Orang yang Lo Percaya

Tapi kalau setelah lo introspeksi diri masih aja bingung, buntu, dan bingung sebenernya mana bagian yang bikin lo kurang diapresiasi. Bisa banget dan penting hukumnya lo sharig sama orang yang lo percaya. Lo bisa ngobrol, minta bantu buat memecahkan kerumitan di otak lo, curhat, dan untung-untung kalau dapat semangat yeee kaaann? Entah orang yang lo percaya itu adalah orang tua, keluarga, sahabat, tetangga, atau satpam depan sekolah lo. 

via GIPHY

4. Tetep Positif Thinking

Setelah lo mendapat pencerahan dari orang yang lo percaya, coba lindungi diri lo dengan hal-hal positif. Contohnya kayak baca quote yang positif, bikin semangat lagi, dan nggak bikin lo merasa sendirian atau nggak berguna. Jangan pernah remehkan kekuatan quote yak, emang kelihatannya norak dan pasti dibilang "ihhhh lagi baperrr nihh yeee". Tapi percayalah, lo lagi butuh energi positif untuk memotivasi semangat lo biar bangkit lagi. Biar beban lo terasa lebih ringan dan tetep positive thinking gitu deh, hehe

via GIPHY

5.  Asah Skill dan Buktikan Kalau Lo Juga Bisa Diandalkan

Yang terakhir adalah coba asah skill lo biar lebih baik dari sekarang, satu-satunya cara biar lo diapresiasi adalah dengan membuktikan. Mungkin nihhh, bagi mereka performa lo kurang, makanya jadi kurang digubris atau diapresiasi gitu. Lebih baik jangan ngeluh duluan, lo buktiin dengan melakukan tugas di atas rata-rata dari biasanya yang lo kerjain. Terus melakukan tugas dengan maksimal biar hasil akhirnya baik, yhaaa at least orang di sekitar lo jadi tahu kalau lo punya effort lebih atas apa yang lo kehendaki. Tapi kalau sampai lo udah berusaha bagai kuda dan nggak diapresiasi, lo perlu introspeksi diri lagi tentunya kali ini sama orang yang ada di sekita lo tersebut agar segala hal yang lo pertanyakan itu jadi ada jawabannya. 

via GIPHY

Pokoknya semangat selalu buat kaleaan semua! 

Header via GIPHY

Komentar