CorningBukan cuma duit aja yang bias dilipat nih!

Para penggemar teknologi zaman sekarang pasti udah jenuh banget sama ponsel yang gitu-gitu aja bentuknya. Hampir sekarang ini semua bentuk sama aja. Layar kotak full screen, dual camera, ada notch, bezel tipis, sampe warna yang juga gitu-gitu aja. Bosen banget kan?

Eitsss, harasmartphone p sabar dan tenang sebentar kawan-kawan. Karena ada era baru yang bakalan memasuki kehidupan kita dalam waktu yang lumayan dekat. Sedekat doi pokoknya. Kabarnya era smartphone lipat bakal segera tiba.

Bukan, ini bukan ponsel lipat kayak punya kakek lo. Tapi ini ponsel lipat yang lebih gokil. Sama aja sih. Udah lah pokoknya beda karena zaman sekarang bukan layar sama keypad yang dilipat, tapi cuma layarnya aja. Ngerti kan?

Untuk menyambut era smartphone lipat ini, kabarnya produsen pelapis kaca anti gores yang bernama Corning mulai menyiapkan pelapis kaca yang bisa ditekuk-tekuk jadi pesawat terbang. Nggak deng. Pokoknya bisa ditekuk-tekuk.

Sebelumnya, Samsung udah merilis prototipe smartphone lipatnya yang dikasih nama Galaxy F, disusul sama produsen smartphone asal China dengan meluncurkan FlexiPai bulan ini.

Kabarnya sekalin Samsung dan produsen asal China itu, merek-merek lain kayak Huawei, Xiaomi, Oppo, dan LG juga bakal meluncurkan ponsel lipat serupa. Tapi smartphone lipat ini nggak akan memiliki layar gelas kayak yang selama ini kita kenal. Soalnya layar ponsel lipat ini bakal menggunakan plastik supaya bisa ditekuk berkali-kali.

Prototipe pelapis ponsel lipat Corning masih terbuat dari kaca namun tebalnya hanya 0,1 mm dan bisa ditekuk dengan radius 5 mm. Meskipun itu bukan lembar kaca pertama yang bisa ditekuk. Tapi kaca ini jauh lebih tipis dan lebih fleksibel dari kaca Willow yang mereka perkenalkan beberapa tahun lalu.

Corning percaya bahwa lembaran kaca mereka bakal lebih awet dipakai untuk melapisi ponsel tekuk ketimbang plastik. Soalnya menurut mereka, plastik bakal lebih mudah tergores, berkerut, dan berubah warna. Sementara warna dan kekokohan gelas akan lebih terjaga.

Tapi, lembaran gelas ini masih dalam tahap produksi. Sehingga, kemungkinan perangkat lipat yang akan segera meluncur tahun depan tidak akan memakai lembaran kaca Gorilla Glass ini. FlexPai pun menggunakan lembaran plastik untuk layarnya. Sementara Samsung kabarnya akan menggunakan lapisan transparan polymide untuk ponsel lipatnya.

Jadi nggak sabar nih ngeliat era smartphone lipat. Pasti bakal keren banget kan?

Komentar