Orang tua mesti lebih rajin ngecek berita nih.

Dilansir dari The Verge, orang-orang tua yang berusia 65 tahun atau lebih berkemungkinan lebih tinggi menyebarkan berita hoax di Facebook dibandingkan yang lebih muda. Penelitian ini dilakukan New York University dan the Princeton University.

Hal tersebut berlaku ke semua orang, apapun jenis kelamin, ras, pendapatan, pendidikan atau seberapa sering apapun mereka menggunakan media sosial. Penelitian tersebut membuktikan bahwa umur menjadi faktor penentu yang paling berpengaruh dalam penelitian tersebut.

Penelitian ini dilakukan dengan memperhatikan perilaku 3.500 pengguna Facebook beberapa bulan sebelum dan setelah pemilihan presiden di Amerika pada tahun 2016. Penelitian tersebut membuktikan bahwa 8,5 % pengguna menyebarkan setidaknya satu berita hoax, dan sebagian besar di antaranya adalah pengguna yang berusia tua.

Pengguna Facebook yang berusia 65 tahun atau lebih dua kali lipat lebih banyak daripada pengguna Facebook yang berusia 45 sampai 65, dan tujuh kali lipat lebih banyak dari kelompok usia termuda yang berusia 18 sampai 29.

Komentar