set pakaian

Lo pasti sering tergoda nih.

Nggak bisa dipungkiri, kita sering kali belanja sesuatu yang sebenernya nggak kita butuhkan. Kita yang dari rumah niat beli A ehh berakhir beli B,C,D, sampai Z dan kadang A malah dilupain. Itu bukan cuma dialami satu atau dua orang aja loh melainkan banyak orang.

Menurut pengakuan seorang mantan pekerja di fashion store bernama Sophia Jones, kekhilafan belanja itu terjadi karena trik yang dipakai oleh toko biar kita mengeluarkan lebih banyak uang. Berikut ini adalah contoh trik yang paling menjebak.

1. Tulisan "Sale" yang gede dan warnanya merah

sale

Via depositphotos.com

Ini adalah trik psikologi yang sangat dasar banget. Toko sengaja memilih warna merah dan tulisannya juga gede. Warna merah sering dikaitkan sama bahaya. Nah, secara psikologis kita akan bereaksi seolah-olah ada keterdesakan dan urgency buat beli barang tertentu.

2. Cara memajang pakaian dan aksesoris yang dibikin satu set

set pakaian

Via depositphotos.com  

Sangat amat jarang, cuma ada satu benda doang di satu mannequin. Pasti bakal ada satu set lengkap dari atasan, bawahan, tas, sepatu, dan aksesoris lainnya. Kalo ada pelanggan yang suka sama satu benda, kemungkinan dia bakal beli benda yang lain biar lengkap. Ini namanya cross-selling.

3. Detail yang kecil tapi bisa bikin lo berhenti sejenak

detail

Via  depositphotos.com  

Toko tentu aja pengen bikin lo menghabiskan lebih banyak waktu di dalamnya. Untuk itu, trik sederhana dipakai buat bikin lo bertahan lebih lama. Satu di antaranya dengan mengatur meja, gantungan, dan rak sehingga lo akan lebih pelan dan mau meneliti satu per satu. Dengan cara ini lo akan lebih lama dan kemungkinan akan beli lebih dari satu item.

4. Barang yang lagi diskon dipajang di deket fitting rooms

fitting room

Via  depositphotos.com  

Kalo diperhatikan, banyak banget toko yang meletakkan barang yang didiskon di dekat fitting room dan di pintu masuk. Kalo ditaruh di pintu masuk, orang akan tertarik buat masuk ke toko. Nah, pas lagi mau nyobain eh nemuin barang lain yang nggak kalah keren di deket fitting room. Akahirnya belanja lagi.

5. Penggunaan "Hug-shape" design

hug shape

Via  depositphotos.com  

Retailers tahu kalo orang suka sama bentuk round dan U. Akhirnya mereka memanfaatkannya dengan membuat desain "hug-shaped". Bentuk ini akan membuat orang jadi pengen masuk ke toko itu secara alamiah.

Komentar