Yuk jadi coffeepreneur!

Tropicana Slim mengadakan Art & Coffeepreneurship Day 2019 pada Sabtu (9/2) di Hivework Co-Work & Cafe Jakarta. Acara ini berisi Talkshow “Art & Coffeepreneurship" yang diisi oleh Muhammad Aga, finalis World Barista Championship 2018 serta Deri, Marketing Manager Zomato Indonesia. Selain itu, terdapat juga 3D Art Latte Workshop yang diikuti beberapa coffeepreneur muda.

Art & Coffeepreneurship Day 2019 merupakan gelaran edukatif untuk menginspirasi anak muda Indonesia, khususnya di Jakarta untuk berani melangkah maju sebagai wirausahawan kopi (coffeepreneur). Acara ini dihadiri oleh sejumlah peserta yang sebagian besar merupakan para coffeepreneur pemula maupun anak muda yang ingin membuka usaha minuman kopi.

Menurut Aga, pasar Indonesia memiliki potensi yang masih sangat besar untuk digarap sehingga anak muda tidak perlu khawatir untuk berani melangkah maju dan berani mencoba menjadi coffeepreneur. Ia juga memberi tips untuk para coffeepreneur yang baru mulai memasuki dunia perkopian.

“Rasa enak saja tidak menjamin. Kiita perlu menyajikan pengalaman unik dan berbeda, baik secara penampilan minuman, pelayanan, harga, maupun lokasi. Selain itu, pilihan kopi yang lebih sehat juga perlu dipertimbangkan” kata Aga.

Berbeda dengan Aga, Deri berpendapat bahwa para coffeepreneur perlu menyediakan menu lain untuk pendamping kopi seperti dessert. Deri juga berkata bahwa dalam menyajikan kopi dan dessert tersebut perlu pembatasan kadar gula agar tetap menyehatkan.

“Bagi pengusaha kopi, ini bermanfaat untuk meningkatkan penawaran di kafenya dengan tidak hanya menawarkan kopi, tapi juga dessert. Penikmat kopi sekarang lebih sadar perlu batasi asupan gula di minuman kopi atau teh untuk mengkompensasi dessert yang umumnya tinggi gula,” ujar Deri.

Setelah talkshow selesai, para peserta Art & Coffeepreneur Day 2019 juga mengikuti workshop pembuatan 3D latte art. Latte art secara 3D adalah seni “menggambar” melalui media kopi menggunakan foam yang dihasilkan dari susu panas.

Para peserta secara bergantian membuat berbagai bentuk hewan menggunakan foam. Sebelumnya, mereka memerhatikan barista saat demo membuat 3D latte art. Setelah selesai membuat 3D latte art, mereka bisa memajang hasil karyanya dan memotretnya.

Komentar