helptenorgif.gif

Jangan sampai minta bantuan tapi lo ngebom temen dengan chat P P P banyak banget~

Namanya uga manusia, makhluk sosial yang hidup membutuhkan bantuan orang lain buat menjalani hidup. Kalau nggak pakai bantuang emang bisyaaa? Eihhhm, bisyaa sih tapi pasti lo pengen meledak karena kecapean ngerjain ini itu ini itu by yourself alias sendirian bosss. Nah, ada kalanya kita emang kudu minta bantuan orang lain untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam perjalanan hidup, dan it's okeeyyy alias wajar, kok. Tapiiii, waktu lo minta bantuan sama orang lain, jangan lupa nihhh jangaaan lupaaaa! Lo minta bantuan secara baik dan sopan, karena lo nggak bakalan tahu kan mereka bisa jadi lagi sibuk atau jadwal lainnya. Barangkali lo salah satu umat manusia yang sedikit khilaf dan kelupaan gimana cara minta tolong yang sopan, nih P! ingetin yaa~

1. Cari Orang yang Tepat Buat Membantu Masalah Lo

Sebelum lo minta tolong, pastiin dulu lo minta tolong sama orang yang tepat. Misal nih, lo lagi kere mampus tapi darurat kudu bayar tambal ban sepeda motor lo. Kalau udah begini, lo minta bantuannya sama temen yang sekiranya punya duit lebihhh, beibb. Kalau lo minta tolongnya ke temen yang belum ada kerjaan (bahkan makan di kosan aja kudu ngemilin mie instan, huhu), kayaknya lo kudu bergeser dehh. Pastiin orangnya tepat, jangan syalaahhh!

2. Jangan Ngebom Temen Lo dengan Chat yang Mengganggu

"Gus, di mana?"

"Gus P P P"

"P"

"P"

"P"

"P"

"P"

"P"

*P aja mulu sampai lebaran king kong, huhuh*

Permisihhh nih ya gengsss, namanya temen kan juga punya jadwal kehidupan, jadi ya mereka pasti ada sibuknya juga. Terusss nihhhh, kalau belum dibales tuh jangan malah nge-chat P P P P P P sampai banyak banget. FYI, nggak sopan atuhhhh dan malah ganggu, huhuh. Lagi pula chat kalian emang ada PING!-nya (P) kah kayak di BBM Chat? Nggak ada kan ya, sayangkuuuu~ Jadi itu huruf P nggak berfungsi banget kayak di BBM yang kalau di chat tanda P (Ping!) bisa bergetar dan bunyi. Jadi jangan tergesa-gesanya ya, syabaaar aja tunggu di bales. 

3. Jangan Basa-Basi, Langsung to the Point

Haeeee, kalian kan tujuan ngechat temen itu untuk minta bantuan ya? Bukan buat dongeng ceritain kisah nabi-nabi atau ngobrolin sejarah G30S. Noooo beibbb, kalau emang tujuannya minta bantuan ya langsung to the point atau langsung ke intinya aja. Misal nih, lo minta jemput temen di tempat les soalnya duit lo nipis dan nggak ada yang jemput.

"Munaroh, lo di mana? Emak Bapak gue nggak bisa jemput di tempat les nih, gue nggak ada yang jemputin jadinya. Gue bisa minta bantu jemput di tempat les gue nggak? Thaankssss". 

4. Jangan Lupain Jasa Orang yang Udah Bantuin Lo

Kalau lo udah minta bantuan sama temen, jangan dilupain jasa mereka, ya. Kan mereka udah kasih waktu, tenaga, dan segala macamnya demi bantuin lo. Karena nggak semua orang itu memberikan bantuan yang ikhlas. Ada yang minta imbalan di bagian akhir, atau bahkan mereka nolak lo waktu lo minta bantuan. Jadi jangan lupain jasa dan hargai mereka, ya. Siapa tahu di masa depan dia butuh bantuan lo, yeee kaaann?

5. Memberikan Balasan (dengan Ikhlas)

Yhaaa emang kita diajarin buat memberikan bantuan dengan ikhlas dan tanpa pamrih alias nggak pakai imbalan apa pun. Tapi ada kalanya, kita bikin seneng orang lain juga gapapa, kan? Kayak pepatah kebaikan bakalan dibalas dengan kebaikan, hehe. Contohnya nihhh, temen lo udah bantuin lo dorongin sepeda motor lo yang mogok. Sebagai balasannya, lo traktir beli makan atau minum karena doi udah bantuin lo dorongin. Intinya sih, bukan dia yang meminta tapi kita yang kompromi terhadap mereka. 

6. Jangan Lupa Bilang "Terima Kasihhhhhh"

Ucapan terima kasih itu penting banget lho, apalagi yang datangnya dari hati lo yang paling dalam! Logikanya sih, ucapan terima kasih digunakan untuk memberikan tanda balas untuk dia yang udah meluangkan waktu dan tenaga untuk peduli bantuin kita. Ketika lo memberikan rasa terima kasih, siapa tahu ketika ada waktu, tenaga, dan kesempatan lagi dia bakalan bantuin lo lagi. Bisaa jadi, kan? Nah, makanya jangan lupa bilang terima kasih yaaakk~

Komentar