living like victorians 1Susah, susah gampang ternyata lho!

Jika ada cara untuk melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, kita kemungkinan besar akan berpindah dari satu era ke era lainnya, mengenakan pakaian Romawi kuno pada hari Jumat pas pesta kostum, pake baju ala antariksa pada hari Sabtu pas ladies party. Sarah dan Gabriel Chrisman memutuskan untuk nggak menunggu mesin perjalanan waktu ditemukan dan pergi ke masa lalu. Selama 10 tahun terakhir, mereka hidup di abad ke-19, telah menciptakan kembali kehidupan seperti saat itu di zaman sekarang. Nggak percaya? Nih liat aja.

Sarah dan Gabriel Chrisman memiliki cara yang nggak biasa dalam meneliti masa sejarah: mereka terjun ke abad ke-19, lebih khusus lagi, periode dari 1880 hingga 1890. Ini adalah masa ketika umat manusia membuat langkah besar ke depan dalam teknologi. Itu adalah ketika lampu listrik, telepon, dan mobil ditemukan.

Pada tahun 2000, mereka adalah pasangan biasa dan terlihat nggak berbeda dari orang lain. Tetapi perubahan besar datang pada mereka. Pasangan itu selalu terpesona dengan "zaman vintage" dan suatu hari, Gabriel memberi Sarah korset untuk ulang tahunnya. Itu hampir persis sama dengan yang dipakai wanita di abad ke-19.

living like victorians 3

Hanya satu tahun kemudian, mereka membeli rumah tua yang dibangun pada 1888 di Port Townsend, Washington. Ini adalah awal dari transisi mereka ke kehidupan masa lalu.

Ketika mereka pindah, ada lemari es di dapur tetapi Sarah dan Gabriel menggantinya dengan sekotak es. Ada listrik di rumah mereka tetapi mereka menggunakan lampu listrik dari masa lalu - persis seperti cara Edison mendesainnya. Di malam hari, mereka menggunakan lampu minyak dan selama musim dingin tahun itu, mereka menggunakan pemanas minyak tanah dan gas.

living like victorians 6

Pasangan ini nggak punya smartphone, Sarah nggak memiliki SIM, dan mereka bepergian hanya dengan sepeda. Sarah mengendarai sepeda replika 3 roda dari tahun 1880-an, dan Gabriel memiliki 3 sepeda retro roda 2.

living like victorians 2

Pasangan itu memutuskan untuk nggak menggunakan oven microwave, mesin pencuci piring, mesin cuci, dan pengering dan melakukan semuanya dengan tangan. Setiap ulang tahun, mereka saling menghadiahkan barang-barang antik dan mereka menjahit pakaian mereka sendiri, menyalin model aslinya. Sarah mengenakan korsetnya setiap hari, dan semua kacamata dan kacamata Gabriel adalah kacamata asli yang dibuat pada abad ke-19.

living like victorians 4

Tentu aja, mereka menggunakan resep makanan jadul juga. Sarah mendapatkannya dari buku masak abad ke-19. Dia bahkan membuat roti sendiri. Keluarga mereka juga mengumpulkan resep hidangan antik. Tempat tidur antik yang dibeli pasangan ini juga nggak memiliki kasur sehingga Sarah menjahitnya sendiri dan mengisinya dengan bulu.

living like victorians 5

living like victorians 7

Pasangan ini juga bekerja sebagai konsultan untuk penulis, sutradara, produser, dan pembawa acara radio. Mereka juga memberikan kuliah dan wisata pendidikan.

living like victorians 8

Nggak mudah lo jalanin hidup seperti mereka, pasangan ini sering dikritik karena hanya mengadopsi aspek luar zaman Victoria. Nggak ada yang menarik tentang masa kejam ini: bahan yang digunakan untuk membuat gaun cantik untuk anak perempuan dan ban untuk sepeda sebenarnya diproduksi oleh orang-orang miskin dari koloni Inggris. Perempuan tidak memiliki hak untuk memilih, dan ribuan orang meninggal karena TB dan tipus. Tapi, keluarga Chrisman juga memiliki banyak penggemar yang terpesona karena mengambil langkah berani karena gaya hidup mereka.

living like victorians 9living like victorians 10

Sarah dan Gabriel mengatakan bahwa tujuan mereka bukanlah menciptakan kembali masa lalu dengan sempurna. Mereka tahu bahwa itu adalah tugas yang mustahil. Mereka nggak berpura-pura menjadi seseorang yang bukan mereka. Mereka hanya berusaha menjadi diri mereka sendiri dan melakukan apa yang mereka sukai. Cara mereka hidup adalah ilustrasi sempurna tentang kebebasan memilih. Yes, indeed! Jadi, ada yang mau hidup layaknya zaman maja pahit??

Komentar