ilustrasi

Jangan diabaikan dong.

Kalo saat ini lo ngerasa capek dan lemes banget, lo nggak sendiri kok. Menurut data, 1 dari 5 orang di dunia ini lagi ada di fase capek banget. Ini bukan capek fisik yang biasa loh. Ini udah ada kaitannya sama capek psikis.

Mungkin selama ini lo masih bertanya-tanya sebenernya apa sih bedanya capek psikis dan fisik dan sekarang yang lo alami tuh masuk di kategori mana? Simak ulasannya berikut ini.

1. Lo masih tetep ngerasa capek setelah istirahat semalaman.

Via Columbia Pictures Industries  

Coba lo cek deh kondisi lo tiap bangun pagi. Apakah lo masih ngerasa capek, ngantuk, dan susah bangeun di pagi hari meski lo udah tidur cukup? Itu tandanya selama 8 jam, yang istirahat hanyalah fisik lo sedangkan psikis lo tetep nggak tenang. Walhasil, lo tetep ngerasa capek sepanjang hari.

2. Lo banyak ngelamun dan pengen keluar dari kenyataan yang lo hadapi saat ini.

Via Tribeca Film  

Kalo lo udah ngerasa kayak pengen keluar dari kehidupan lo yang saat ini dan pergi ke dunia yang lo impikan, itu adalah tanda bahwa psikis lo lagi capek banget. Lo pasti jadi sering mikirin masa lalu dan takut sama masa depan. Lo harus lebih bisa menerima diri lo dan kondisi lo saat ini.

3. Lo mengalami perubahan emosi yang mendadak.

Via Depositphotos.com  

Rasa tidak puas, lelah, dan kecewa membuat emosi lo jadi gampang naik turun secara mendadak. Lo jadi gampang tersinggung karena hal kecil, menangis atau bahkan ketawa tanpa alasan yang jelas. Mood swings ini bisa jadi tanda kuat bahwa lo butuh kedamaian dan seseorang yang bis memahami lo.

4. Lo berusaha buat terlihat baik-baik aja.

Via NBC

Orang yang lagi capek secara psikis justru akan berusaha buat menunjukkan bahwa dia baik-baik aja di hadapan orang lain. Ini bukan pilihan yang bijak sih. Lo sama aja ngebohongin diri lo sendiri dan orang lain soal apa yang sebenernya sedang lo rasakan. Semakin lo berusaha buat terlihat bahagia, lo akan semakin ngerasa capek.

5. Lo pengen bersembunyi dari orang lain.

Via Annapurna Pictures  

Yaps, seringkali lo jadi ngerasa pengen sembunyi dan nggak ketemu sama orang-orang di sekitar lo. Lo males berinteraksi sama orang. Lo nggak mau berkomunikasi dan lo cuma pengen sendiri.

Komentar