crossedlegsweb.jpg

Wah, terus kudu duduk model kayak gimana, nih?

Tanpa kita sadari, separuh hidup kita ternyata dihabiskan untuk duduk. Mulai dari duduk di dalam mobil, duduk pas dibonceng ojol, duduk waktu kerja, duduk di kelas berjam-jam, duduk di warung, duduk waktu nongkrong, bahkan di kamar mandi kalau pakai WC juga duduk! Well, duduk is the part of our lyfeeeee~ Dari modelan duduk pun juga banyak, bisa jadi karena lo bosen duduk biasa aja, lo duduk sambil goyang-goyangin kaki, atau menyilangkan kaki ke sisi kanan atau kiri. Tapi pernah tahu nggak sih lo, kalau ternyata duduk yang model menyilangkan itu malah bikin bahaya, terutama buat kesehatan kleaaan. YA AMPOOONN, gimana ceritanya?

via GIPHY

Dikutip dari HealthLine, ada sebuah penelitian dalam Journal of Clinial Nursing. Di dalam jurnal tersebut disebutkan kalau lo meletakkan satu kaki di atas kaki lainnya alias menyilangkan kaki kalian dalam waktu lama itu bisa bikin peningkatan tekanan darah. Weeeww, nggak nyangka. Tapi menurut studi ini, tekanan darah lo nggak bakalan naik kalau lo cuma nyilangin kaki di bagian pergelangan kaki alias bagian betis doang. Pernyataan dari penelitian ini makin menguat karena ditemukan sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Journal Hypertension yang mengatakan kalau meletakkan pergelangan kaki pada lutut dengan waktu yang lama bikin tekanan darah jadi naik. 

via GIPHY

Dari kedua penelitian ini juga menyatakan, tekanan darah yang meningkat waktu lo duduk menyilangkan kaki itu sifatnya sementara. Tapiii nihhh, kalau lo punya riwayat masalah sama tekanan darah kayak darah tinggi atau darah rendah, disarankan nggak keseringan duduk menyilangkan kaki karena efek tekanan darahnya bakalan meninggi lebih lama. 

Selain bikin tekanan darah meninggi, waktu lo duduk menyilangkan kaki itu mau nggak mau pinggang lo bakalan berada di posisi miring melulu. Dikutip dari HealthLine, posisi ini bisa bikin pinggang dan beberapa bagian tubuh lo jadi kesakitan. Kalau lo lakuin ini keseringan malah bisa berakibat menimbulkan masalah tulang belakang dan postur tubuh lo bakalan terganggu alias bisa berubah. 

via GIPHY

Pokoknya nih gengggs, kalau duduk sambil menyilangkan kaki jangan lama-lama atau keseringan, ya. Cukup beberapa menit aja dahhh, kalau emang nggak bisa menyilangkan kaki juga jangan dipaksain nanti malah ada urat yang melenceng kan nggak asyikk tuhhh. Duduk sewajarnya aja yaa, jangan sambil kayang, jangan sambil ngemilin bata, atau jangan duduk sambil stalker mantan, buang-buang waktu! Lebih baik lo banyak bergerak biar sehat dan nggak kesemutan, hehe. 

via GIPHY

Photo header via Unsplash

Komentar