israel spac

Setidaknya udah usaha dan udah punya kenang-kenangan yaa! Nice!

 

Belum lama ini Israel mengirimkan pesawat ruang angkasanya, Beresheet menuju bulan. Namun sayangnya, misi yang didanai secara pribadi ini gagal.

Beresheet dikirim ke bulan untuk mengambil foto dengan kamera resolusi tinggi. Namun mesin utama pesawat ini mengalami kerusakan ketika berusaha mendarat di bulan. Meski begitu, Beresheet sempat selfie dengan latar bulan sebelum hancur. Lumayan ya ada kenang-kenangannya.

Israel merupakan negara keempat yang mengirimkan pesawat menuju bulan. Tiga negara sebelumnya yakni Uni Soviet, Amerika Serika dan China berhasil mendaratkan pesawat mereka secara utuh.

Di sisi lain, misi Israel ini cukup menarik perhatian. Soalnya misi ini bukan termasuk misi yang mahal. Misi ini hanya membutuhkan sekitar US$ 100 juta dan mampu melakukan perjalanan dengan anggaran tersebut.

Dalam perjalannya, Beresheet sempat menumpang pada roket SpaceX Falcon 9. Jika pesawat lain makan waktu beberapa hari untuk sampai bulan, Beresheet menghabiskan berminggu-minggu untuk menuju bulan.

Yhaa emang nggak ada yang sempurna di muka bumi ini. Percobaan ini patut diacungi jempol karena paling tidak Israel punya foto berlatarkan bulan. Nice!

Komentar