Cukup 4 Sendok Makan Per Hari

 

Gaya hidup masayarakat zaman sekarang memang nggak bisa terlepas dari nongkrong dan ngopi. Pagi hari sebelum berangkat kerja, ngopi. Sepulang beraktivitas, nongkrong di warkop sambil ngopi. Di balik semua itu, bahaya diabetes cukup mengancam “hobi” sebagian orang tersebut.

Dikutip dari Alodokter, diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh, bahkan bisa membahayakan nyawa penderitanya.

“Tingginya asupan gula tiap hari di makanan dan minuman berpotensi mengakibatkan obesitas yang akhirnya dapat meningkatkan risiko diabetes, khususnya diabetes tipe 2,” kata dr. Bhanu, S. Pd., B. Med. Sc. di acara Coffee Time with Tropicana Slim Press Launch Web Series Janji.

Diabetes tipe 2 nggak cuma disebabkan oleh faktor genetik, namun terutama disebabkan oleh faktor gaya hidup, yaitu pola makan yang nggak sehat dan kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga. Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) 2017, 90% dari total kasus diabetes di dunia merupakan diabetes tipe 2.

Selain itu, penderita prediabetes–yaitu orang yang memiliki kadar gula darah melebihi batas normal dan berisiko tinggi terkena diabetes di kemudian hari–ternyata bisa ditemukan di populasi usia produktif. Data IDF 2017 menemukan bahwa sepertiga dari penderita prediabetes di dunia saat ini berusia 20–39 tahun. Kalau nggak dicegah sejak dini, menurut IDF 2017, angka kejadian diabetes di Indonesia akan terus meningkat dari 10,3 juta jiwa pada 2017 menjadi 16,7 juta jiwa pada 2045.

“Hingga saat ini, belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes, sehingga usaha preventif sudah sebaiknya dilakukan sedini mungkin, salah satunya dengan mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh,” tambah dr. Bhanu.

Menurut Kemenkes RI, asupan gula harian yang dianjurkan adalah 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan per hari. Selain itu, untuk masyarakat yang ingin tetap merasakan manis tanpa takut kelebihan kalori ataupun kenaikan gula darah dapat memilih pemanis rendah kalori sebagai pilihan, salah satunya adalah Tropicana Slim. Pemanis rendah kalori sudah dinyatakan aman oleh BPOM maupun berbagai lembaga dunia seperti WHO (World Health Organization).

Yuk kurangi asupan gula biar nggak berisiko terkena diabetes. Kalau nggak bisa hidup tanpa gula, mari ganti gula dengan pemanis rendah kalori agar kadar glukosa dalam tubuh tetap terjaga.

Komentar