notre dame de paris

Padahal belom sempet ke sini.

Di dunia ini kita punya banyak banget tempat indah yang layak dikunjungi sebagai destinasi wisata. Ada pantai, bangunan kuno, pegunungan, dan lain sebagainya. Sayang ohhhh sayang dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini kita kehilangan banyak tempat indah karena beragam alasan. Ada yang rusak karena bencana, kebakaran, ulah manusia, dll dll. Setelah dirangkum, berikut adalah beberapa di antara tempat indah yang sering jadi destinasi wisata pelancong berbagai negara tapi sekarang udah rusak.

1. Legzira Beach, Sidi Ifni, Maroko

legzira beach

Via Brightside

Sepasang lengkungan cantik yang ada di pantai Legzira ini udah jadi landmark bahkan simbol dari wisata Maroko. Tragisnya satu di antaranya rusak pada September 2016. Beberapa bulan sebelum robohnya lengkungan ini, orang udah ngeliat ada retakan dan bebatuan kecil yang jatuh. Sayangnya tidak ada tindakan lebih lanjut buat menyelamatkan kecantikan alam ini.

2. Notre-Dame de Paris, Paris, Perancis

notre dame de paris

Via Brightside

Semua orang tentu kaget dengan berita terbakarnya salah satu bangunan masterpiece yang ada di Paris. Yaps, apalagi kalo bukan Notre-Dame de Paris. Bangunan dengan gaya arsitektur gothic ini jadi salah satu bangunan tua dan paling bersejarah di dunia. Selama lebih dari 8 abad bangunana ini jadi tempat ibadah, pusat budaya dan pendidikan. Sekarang bangunan bersejarah ini rusak parah.

3. Temple of Bel, Palmyra, Syria

Temple of bel

Via Brightside

Bangunan utama Temple of Bel rusak parah di tahun 2015 pada saat perang besar di Suriah. Banyak yang menyayangkan kerusakan nya karena ini adalah salah satu bangunan bersejaraj dari abad 1.

4. Joshua Tree National Park, California, Amerika Serikat

Joshua Tree national park

Via Brightside

Joshua Tree National Parka merupakan tempat di mana ada ekosistem gurun yang unik. Ada banyak banget jenis tanaman langka dan unik tumbuh di sini. Sayangnya, taman ini udah rusak karena vandalisme yang terjadi pada Januari 2019 silam saat momen 35-day government shutdown. Menurut pihak pengelola, butuh waktu sekiatar 200-300 tahun buat memperbaiki tempat ini.

5. The Little Mermaid, Copenhagen, Denmark

the little mermaid

Via Brightside

Patung ini dibuat oleh Edward Eriksen pada 1909. Patung ini udah dirusak beberapa kalo. Tangannya pernah hilang dan berkali-kali orang mencoret-coret patung berharga ini.

6. Brimham Rocks, North Yorkshire, Inggris

Brimham rocks

Via Brightside

Sangat amat disayangkan banget saat ada orang yang ngerusak sebuah tepat bersejarah yang udah ada sejak 320 juta tahun hanya dalam hitungan detik. Pada Juni 2018, ada anak-anak yang menggulingkan salah satu batu penyeimbang hingga semua batuan rusak.

Komentar