content ramadan food

Siap sehat!

Saat buka puasa, seringkali lo jadi kalap dengan melahap berbagai menu yang ada. Ini sama sekali nggak salah, karena setelah seharian menahan lapar dan haus, lo pasti akan sangat menantikan momen berbuka puasa. Tapi perlu diingat juga nih, selain punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, puasa juga bisa bikin berat badan naik. Penyebabnya karena bergesernya pola makan dan kecenderungan mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Lalu apa sih menu yang bisa jadi solusi buat lo yang pengen dietnya tetep lancar atau setidaknya bisa menjaga berat badan agar tetap stabil saat puasa? Langsung aja yuk simak!

1. Ikan

phpthumb generated thumbnail
via Chowhound

Selain lezat, ikan mengandung omega 3 yang bisa mengurangi kadar kolesterol. Perlu diperhatikan juga, sebaiknya ikan dimasak dengan cara direbus, dibakar, atau dimasak agar cocok untuk menjaga berat badan, terutama buat lo yang lagi diet.

2. Nasi merah

side aromatic red rice
via Bon Appetit

Nasi putih cenderung lebih cepat dicerna tubuh dan mengandung kalori yang tinggi. Jadi ada baiknya lo mengganti nasi putih dengan nasi merah yang mengandung sumber karbohidrat lebih komplek sehingga lebih lama dicerna tubuh. Dengan demikian, nasi merah akan membuat lo merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

3. Sayur dan buah

how to eat more fruits and veg
via American Heart Association

Makanan yang berserat memang baik untuk kesehatan tubuh dan juga pencernaan. So, sayur dan buah akan menjadi pilihan yang tepat. Jadikan sayur dan buah sebagai menu pembuka!

4. Daging sapi dengan porsi yang tepat

1610p124 grilled flash marinated skirt steak
via Cooking Light

Selama tidak berlebihan, daging sapi tetap baik untuk dikonsumsi. Perhatikan pemilihan jenis daging sapi, jangan konsumsi daging yang berlemak. Cara pengolahannya pun harus dengan dipanggang, dibakar, atau dijadikan steak. Soto dan rawon juga bisa menjadi solusi yang tepat.

Semoga aja dengan sederet menu ini, puasa dan diet lo tetap berjalan lancar seiya sekata yah! Jangan lupa juga untuk saling menginspirasi agar puasa tetap asoy.

photo header via UpFitness

Komentar