most accurate model of ancient rome 1

Super detil!

Sementara kota Roma telah berubah secara dramatis sepanjang sejarah, banyak peninggalan monumen bersejarah yang penting masih ada di sana untuk mengingatkan kita akan glorious Ancient Rome. Namun, ada cara untuk melihat seperti apa kota yang paling kuat selama lebih dari 1000 tahun di masa lalu.

most accurate model of ancient rome 2

most accurate model of ancient rome 3

Museum Peradaban Romawi yang terletak di distrik Esposizione Universale Roma menyimpan salah satu model kota paling mengesankan yang pernah dibuat. Model ini dikenal sebagai Plastico di Roma Imperiale, plaster model ini menggambarkan kota Roma pada abad ke-4 Masehi pada masa Konstantinus I.

Model rumit ini diciptakan oleh seorang arkeolog Italia, Italo Gismondi yang ia buat bedasarkan Forma Urbis Romae. Model ini pada skala 1: 250 dan terbuat dari plester. Gismondi mulai mengerjakannya pada tahun 1935 dan butuh lebih dari 35 tahun untuk menyelesaikannya. Lama pembuatannya lebih dari tiga setengah kali yang dibutuhkan untuk membangun Colosseum. Saat ini, model ini dikenal sebagai salah satu referensi paling penting dari Roma Kuno.

most accurate model of ancient rome 4

most accurate model of ancient rome 5

most accurate model of ancient rome 6

Forma Urbis Romae ditugaskan oleh Mussolini untuk memperingati kelahiran Augustus (63 SM). Pilihan untuk merekonstruksi Roma Kuno pada abad ke-4 dipilih bukan karena kebetulan. Alasan di baliknya adalah bahwa kota itu, pada masa Konstantinus (306-337 M) mencapai ukuran terbesarnya.

most accurate model of ancient rome 7

most accurate model of ancient rome 8

most accurate model of ancient rome 9

Gismondi harus menggunakan peta untuk membuat model ini dan berhasil mencocokkan skala bentuk kekaisaran dengan rasio 1:1. Model ini memberi kita visualisasi akurat tentang kota kuno. Ini juga memungkinkan orang untuk menguji pengetahuan mereka tentang landmark bersejarah. Bisa nggak lo melihat Colosseum? Atau Kuil Jupiter Optimus Maximus di Capitoline?

Komentar