It's a big no, girls!

Skincare mahal nggak bisa jadi jaminan bakal bisa bekerja dengan optimal di kulit lo. Ada beberapa faktor dari luar yang berpengaruh terhadap penggunaan skincare dan efeknya ke kulit lo. Jangan sampai lo terkecoh. Perhatikan juga beberapa kebiasaan lain yang bisa mengakibatkan kulit lo jadi nggak sehat. Contohnya yang berikut ini nih.

1. Lo kadang nggak mau pakai make up removers karena udah cuci muka

remover

Via Brightside

Gara-gara udah kecapekan banget dan males akhirnya banyak cewek males bersihin make up pakai removers. Cuci muka pakai air aja dianggap cukup. Padahal enggak sama sekali. Air nggak cukup buat mengangkat semua sisa make up dan kotoran yang nempel di wajah. Kalo dijadikan kebiasaan ini bisa menyumbat pori-pori lo, nambah minyak, dan akhirnya muncul jerawat di sana sini deh.

2. Lo pakai sarung bantal yang sama selama 2 minggu.

bantal

Via Brightside

Meskipun lo udah cuci muka, pakai make up remover, cuci rambut tiap hari, pakai skincare, tetep aja semua nggak akan optimal kalo lo nggak pernah ganti sarung bantal. Pastikan lo menggantinya setidaknya dua hari sekali. Kenapa? Soalnya di sarung bantal itu nempel debu dan kotoran yang nggak terlihat.

3. Lo nggak pakai toner

toner

Via Vine Vera Reviews

Toner adalah sesuatu yang penting banget. Kenapa? Toner bertugas buat mengembalikan keseimbangan pH di kulit lo. Dengan selalu pakai toner, lo akan terhindar dari yang namanya kulit kering, iritasi, atau kulit yang memerah. Oyah, pastikan lo pilih toner yang nggak mengandung alkohol yah.

4. Lo pakai bedak buat menghilangkan minyak di wajah

bersihin minyak

Via Brightside

Pasti banyak deh yang melakukan kesalahan ini. Tiap kali ngeliat wajah udah mulai berminyak langsung ambil bedak terus tap tap tap di wajah. Ini salah. Gunakan kertas khusus buat ngilanging minyak di wajah. Kalo lo nambahin bedak, ti-ati pori-pori tersumbat dan wajah lo malah jadi kotor.

5. Lo cuci muka sebelum mandi

cuci muka

Via Eminence Organic Skin Care

Sebenernya boleh-boleh aja sih cuci muka sebelum mandi tapi akan jauh lebih baik kalo lo cuci muka pakai cleanser sekali lagi setelah mandi. Apalagi kalo lo keramas. Wajib banget cuci muka lagi demi memastikan nggak ada silikon, parabens, dan zat lain dari shampo yang nempel di wajah lo.

Komentar