Keuntungan buat maba jomblo.

 

Ketika jadi maba, biasanya lo bakal berhadapan dengan lingkungan baru yang bisa ngasih lo social anxiety dan isolasi, yang bisa berujung pada depresi. Untuk itu, ternyata penelitian ngebuktiin bahwa lo perlu punya cukup waktu untuk sendirian untuk menyesuaikan diri, seenggaknya di tahun pertama kuliah.

"Menerima kesendirian untuk kenikmatan dan nilai intrinsiknya berkaitan dengan kesehatan psikologis, terutama untuk mereka yang nggak mereasa cocok di kelompok sosialnya," jelas Thuy-vy Nguyen, doktor psikologi dari universitas Albania. "Penelitian ini menekankan pentingnya memelihara kemampuan untuk menikmati dan menghargai waktu sendiri sebagai pengalaman yang berarti, alih-laih mencoba mengabaikannya atau menghindarinya."

Dalam penelitiannya, Nguyen dan timnya melakukan riset terhadap 147 maba di Amerika untuk penelitian tentang penghargaan terhadap diri sendiri dan 223 maba di Kanada untuk penelitian tentang kesepian dan keterkaitan sosial.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa terlalu banyak bersosialisasi di tahun pertama kuliah dan kurangnya waktu sendiri berujung pada masalah penyesuaian diri sendiri.

Walaupun demikian, Nguyen dan timnya menekankan perbedaan atara kesendirian yang baik dan buruk. Ketika maba menghabiskan waktu sendirinya untuk mengembangkan hobi dan ketertarikannya, maba tersebut punya lebih menghargai diri sendiri, memiliki rasa otonomi yang lebih baik dan secara keseluruhan memiliki kondisi psikologi yang lebih sehat.

Berbeda dengan maba yang memilih menghabiskan waktu sendiri karena aspek negatif dari kesendirian seperti isolasi, dan pengalaman sosial yang buruk, yang malah mendapat efek negatif dari kesendirian.

Komentar