Nggak usah sedih kalo wajah lo jerawatan.

Wajah yang berjerawat sering kali dianggap sebagai suatu yang menyebalkan dan memalukan. Udah nyobain berbagai macam skin care dan melakukan berbagai macam perawatan yang disarankan orang-orang tapi nyatanya jerawat tetep aja bandel. Kadang malah hilang satu numbuhnya seribu. Banyak orang sampai nggak percaya diri dan takut ketemu orang gara-gara wajahnya yang jerawatan. Isssh, isssh, issh, nggak boleh gitu loh. Ternyata ada hal baik di balik wajah jerawatan.

Menurut penelitian, jerawat akan membantu lo agar nggak mengalami penuaan dini. Jerawat yang ada di wajah lo justru bisa melindungi kulit lo agar lebih awet muda. Kok bisa? Ini ada kaitannya sama yang namanya telomeres.

Via Brightside

Apa itu telomeres? Lo bisa membayangkannya sebagai plastik kecil yang melindungi bagian ujung tali sepatu. Nah, plastik itu menjaga biar si tali nggak cepet robek. Nah, telomeres ini adalah hal yang serupa. Dia melindungi kromosom supaya nggak cepet rusak. Tiap kali sel terbelah, telomer akan menjadi lebih pendek. Proses itulah yang dikaitan dengan penuaan dini.

skin

Via Deposit Photos

Terus apa hubungannya sama jerawat? Orang yang berjerawat punya telomeres yang lebih panjang dibandingkan mereka yang punya wajah super mulus. Itulah kenapa sel yang lo miliki bisa melindungi lo dari penuaan, keriput, atau kulit yang menipis. Penelitian yang dilakukan pada 1205 perempuan kembar udah membuktikan hal tersebut. Jadi mulai sekarang nggak usah kesel dan sedih kalo tiba-tiba jerawatan. Ada hal baik yang datang setelah jerawatan kok.

Komentar