queen elizabeth ii visits hauser wirth on march 28 2019 in news photo 1133268706 1558192664

Meriah banget dah!

Ratu Elizabeth II berusia 93 tahun tepat pada tanggal 21 April yang lalu. Hanya saja, pada tanggal 8 Juni, Ratu juga memperingati lagi hari ulang tahunnya untuk kali kedua. Ternyata, ada satu alasan spesial yang membuat kedua selebrasi ini sengaja dilakukan.

Semua ini berawal dari tradisi Kerajaan Inggris pada era kepemimpinan Raja George II dan saat ketika cuaca Inggris saat itu sering tidak menentu. Menilik laman harpersbazaar, Raja George II lahir pada bulan November 1683, yang mana ini dianggap sebagai waktu yang tidak baik untuk melakukan pesta parade outdoor di Inggris. Akhirnya, George mendapatkan hari ulang tahun 'resmi' yang kedua ketika musim panas (yang sebenarnya juga masih mengharapkan keberuntungan akan 'kedatangan' sinar matahari).

queen elizabeth ii 90th birthday explainer5343
via Vanity Fair

Sejak itulah raja atau ratu yang berdaulat di Inggris boleh memiliki dua tanggal ulang tahun resmi. Jadi, nggak heran kalau Ratu Elizabeth sekarang bisa menentukan tanggal kedua untuk merayakan hari istimewanya, yakni dua bulan setelah hari ulang tahun sebenarnya. Biasanya hari besar itu jatuh pada minggu kedua di bulan Juni.

Di tanggal yang kedua, perayaan resmi ulang tahun Ratu Elizabeth akan ditandai lewat parade Trooping the Colour. Ini adalah sebuah acara militer prestisius yang melibatkan penjaga-penjaga dari Household Division. Ada sekitar 1.400 petugas, 400 musisi, dan 200 kereta kuda melakukan pawai melewati beberapa jalanan di London mulai dari Istana Buckingham menuju Whitehall kemudian kembali lagi ke Istana.

trooping the colour 256
via The Royal Family

Pada acara ini raja atau ratu diperbolehkan untuk melakukan inspeksi pada pasukan-pasukannya sebelum ia dan seluruh anggota keluarganya menyaksikan para militer melakukan aksi terbang dari atas balkon Istana Buckingham. Ratu biasanya didampingi Pangeran Charles, Pangeran William, dan Putri Anne. Para anggota Royal Family lainnya seperti Pangeran Harry, Kate Middleton, Meghan Markle, dan Duchess of Cornwall, juga berpartisipasi dalam pawai dengan naik kereta kuda lainnya.

trooping the colour 2017 36362
via Time Magazine

Atraksi flyover juga menjadi rangkaian dari parade Trooping the Colour yang digelar pada siang hari. Puluhan jet tempur Inggris akan melaju kencang di antara kerumunan orang-orang yang menyemburkan warna-warni merah, putih dan biru. Istimewa!

photo header via Harper's BAZAAR

Komentar