01 pimple why you get chin acneand how to clear it up 570125239 thitipa suwanchasri ft 800x450

Ada banyak faktor!

Jerawat yang sering muncul di dagu emang terasa menyebalkan, apalagi ketika sudah begitu menyakitkan dan mengganggu. Sekalipun sudah dibersihkan dengan skincare khusus, jerawat di dagu seringkali masih sulit diatasi. Btw, emang kenapa sih jerawat seperti tak pernah absen muncul di dagu?

Jenis jerawat hormonal biasanya terjadi pertama kali di sekitar rahang, mulut, dan garis dagu. Jerawat ini datang dan pergi, terutama bagi perempuan yang sedang mengalami siklus menstruasi. Saat ovulasi atau sebelum menstruasi inilah jerawat akan muncul.

Selain itu, jerawat di dagu juga muncul karena faktor kehamilan dan pubertas bagi beberapa orang. Penggunaan makeup juga bisa menyebabkan jerawat dagu. Ini karena lipstik dan sejenisnya memiliki kandungan bahan yang mendorong kemunculan jerawat.

squeeze acne 1
via facingacne

Perubahan gaya hidup pun bisa menjadi 'biang kerok' dari kehadiran jerawat di area dagu. Waktu tidur yang tidak beraturan dan stres disebut-sebut menjadi salah satu pemicunya. Pola makan yang buruk juga memiliki pengaruh terhadap kemunculan jerawat di dagu karena berhubungan dengan usus kecil dan menunjukkan penumpukkan racun.

Solusinya, lo bisa memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zinc, vitamin dan beta-karoten, serta lemak sehat. Beberapa makanan itu antara lain salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu, wortel, buah aprikot dan mangga juga membantu memperlancar pertumbuhan sel.

photo header via Reader's Digest

Komentar