tiredgrafisimage.png

Hayati lelahhh, dekkkk~

Coba cek deh beberapa hari ini, apakah lo ngerasain capek secara fisik dan mental, terus gampang emosi di mana pun dan gimana pun keadannya? Lo merasa stres berkepanjangan nggak? Terus tahu-tahu nangis dan merasa nggak berdaya? Ahhh, bisa jadi lo mengalami burnout syndrome. Uhhhwauuww, sejenis makanan apa tuhhhh?

via GIPHY

Sepintas sih, burnout tuh gejalanya kayak orang capek atau stres biasanya. Tapi ternyata, kondisi orang yang burnout rupanya leih dari itu. Kalau lo ngerasain gejala-gejala yang ada di bawah ini, bisa jadi lo mengalami burnout~

1. Hari-Hari yang Lo Jalani adalah Malapetaka

Berangkat kerja, berangkat kantor, berangkat les, berangkat nge-mall, atau berangkat kencan pun bagaekan malapetaka yang ngeselin buat lo. Rasanya hari-hari yang lo lalui itu bikin pegel banget, pengen rasanya kabur ke planet Namex dan menghilang dari peradapan. 

via GIPHY

2. Gampang Capek dan Nggak Semangat

Keluar kamar mandi, capek. Habis makan, capek. Mau belajar, capek. Mau ngapa-ngapain semangatnya kudu dikorek dulu sampai ke magma bumi, huhu. Terus nemu nggak? NGGAK ADA! Rasanya kayak pundak tuh ada yang nunggangin, CAPEEEK BANGET GAES! Udah capek, semangatnya juga nggak ada. 

via GIPHY

3. Sensitif dan Gampang Marah

Nggak ada apa-apa, marah. Ada orang becanda, ehhh malah dimarahin. Diminta tolong, marah. UHUHUHU, permisihhh sungguh mixed feeling banget nih rasanya. Pokoknya segala keadaan rasanya pengen direspon dengan marah, atau bahkan nangis karena saking lelahnya. Padahal biasanya lo adalah ibu dan bapak peri dari orang-orang di sekitar lo karena selalu panen kesabaran. 

via GIPHY

4. Sakit-Sakitan Mulu

Udah mulai sering sakit pinggang? Tengkuk leher mendadak linu? Dada nyeri dan susah napas? Nah, ini bisa jadi salah satu gejalanya. Setelah sakit-sakitan begini, lo jadi mager abis buat ngapa-ngapain, huhu. Sekali lagi, hayatii lelaahhh~

via GIPHY

5. Nggak Punya Harapan Tuk Masa Depan

Dan yang terakhir adalah ketika lo berjalan pulang atau pun berangkat aktivitas, rasanya semua tampak membosankan. Di dalam hati lo selalu berkata, "rutinitas ini membunuh quuuhhh~". Buat memandang masa depan, rasanya masih banyak kabut karena lo lagi diselimuti stres yang teramat sangat sampai nggak tahu mau gimana sama nih hidup, huhu. 

via GIPHY

Nah, kalau lo merasakan gejala yang ada di atas, cara terbaik untuk mengatasinya adalah: MOVE ON! Lo kudu mulai menjalani pola hidup sehat. Nggak cuma dari segi makanan, olahraga, atau kesehatan, tapi mental juga. Coba deh mulai makan makanan yang bikin badan lo lebih seger dan sehat. Terus untuk menyegarkan mental lo, liburan juga boleh banget. Inget, lo manusia bukan robot atau mesin yang kudu kerja atau belajar melulu. Kesehatan tubuh dan pikiran adalah sesuatu yang berharga, coba mulai dari sekarang dengerin "sinyal" dari tubuh klean ya biar kegiatan jadi lebih lancar dan enak jalaninnya. If you need some rest, take a break, so you can reach the world again. 

via GIPHY

Komentar