tiup lilin

Perpindahan bakteri yang cukup cepat lewat tiup lilin

 

Hal yang biasa kalo pas ada yang ulang tahun pasti ada sesi tiup lilinnya. Sebelum tiup lilin biasanya yang ulang tahun diminta berdoa. Dan tiup lilin jadi tanda 'amin' dan harapan semoga doa yang dipanjatkan bakal jadi nyata.

Tapi kalo bisa nihh mulai dari sekarang, nggak usah ada lagi sesi tiup lilin. Karena berbahaya guys!

Ehh ini bukan larangan asal yaa. Ini berdasarkan sebuah riset yang dipublikasikan pada Journal of Food Research yang berjudul "Bacterial Transfer Associated with Blowing Out Candles on a Birthday Cake".

Para peneliti menemukan bahwa mungkin ada sekitar 1.500% kuman pada kue ulang tahun jika ada sesi tiup lilinnya. Untuk membuktikannya, para peneliti menggunakan kue ulang tahun palsu. Kemudian mereka menaruhkan lilin melalui selembar kertas dengan lapisan gula asli. Sebelum meniup lilin, para peserta makan pizza untuk membuat skenario makan biasa dan kemudian hidangan penutup.

Langkah selanjutnya para peneliti adalah penghitungan bakteri. Para peneliti menambahkan air yang sudah disterilkan ke lapisan gula dan menyebarkannya di atas agar kuman tumbuh. Hasilnya, rata-rata meniup lilin meningkatkan bakteri hampir 15 kali. Dan dalam beberapa kasus meningkat hingga 120 kali.

via GIPHY

Hal tersebut menunjukkan bahwa ada orang yang membawa banyak bakteri dan ada juga yang tidak. Selain itu dampaknya pun akan berbeda. Ada yang bisa langsung sakit tapi ada juga yang biasa aja.

Meski begitu, kita perlu hati-hati nih. Kalo kata pepatahkan lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi ada baiknya, sesi tiup lilin dipindahkan ke sesuatu yang nggak akan dimakan banyak orang. Kan sayang yaa kalo kue ulangtahun lo justru jadi penuh bakteri gara-gara tiup lilin. Huhuhu.

 

Foto header: Philadelphia Magazine

Komentar