earthasteroid

But don't worry, guys. Cuma lewat aja.

 

Asteroid besar berukuran dua kali Empire State Building dikabarkan akan terbang melewati Bumi pada akhir pekan ini. Tetapi tidak ada kemungkinan asteroid tersebut akan bertabrakan dengan Bumi.

Menurut LiveScience, asteroid tersebut terbang cukup dekat dengan Bumi. Maka ia digolongkan sebagai "objek dekat-Bumi". Hanya saja kita tidak perlu panik. LiveScience mengungkapkan jarak dari asteroid tersebut sekitar 3,3 juta mil jauhnya dari Bumi. Jarak tersebut hampir 14 kali lipat dari jarak Bulan ke Bumi.

Nama asteroid tersebut adalah Apophis. Nama tersebut diambil dari dewa kekacauan Mesir. Meski bukan asteroid terbesar se-angkasa raya, namun asteroid ini bisa memusnahkan kota seukuran London jika menabrak Bumi.

Apophis tidak tergolong objek antarbintang. Namun ia merupakan bagian dari tata surya kita, mengorbit pada matahari dan akan melewati Bumi secara teratur. Asteroid ini melesat dengan kecepatan lebih dari 14.000 mph pada tahun 2000 dan akan melakukannya lagi pada tahun 2029 mendatang. Namun pada 2029 diperkirakan akan melintas lebih dekat dengan Bumi, hanya 19.000 mil jaraknya.

Komentar