beda parfume

Beda nama, beda benda.

Hayooh siapa nih yang selama ini hidup dengan pandangan bahwa perfume, cologne, maupun eau de toilette adalah benda yang sama. Intinya ketiganya sama-sama buat wangi-wangian. Nggak salah sih tapi nggak bener juga. Ketiganya sebenernya beda. Eits, nggak cuma tiga aja sih. Sebenernya malah ada lima jenis wangi-wangian yang sering kita temui. Biar nggak makin bingung, coba kita ulas satu per satu aja yaaah.

1. Perfume

parfume

Perfume sendiri udah dikenal sejak dulu kala saat salep dan balsem dibikin dengan minyak esensial. Bedanya dengan zaman sekarang, perfume mengandung minyak esensial dengan konsentrasi yang lebih tinggi yakni sekitar 20 hingga 30 persen. Hal itu membuat perfume bisa menghasilkan aroma yang lebih persisten dan tahan lama. Aroma itu bisa bertahan sampai sekitar 6 jam di kulit dan bahkan lebih dari sehari kalo nempel di kain. Hal itu membuat parfume sebagai wewangian paling mahal di antara yang lainnya.

2. Eau de parfum

eau de parfum

Looh beda yah antara parfume sama eau de parfum? Yaash. Kata kuncinya ada pada kata 'eau' yang artinya dari air. Kandungan minyak pada eau de parfum sedikit lebih rendah yakni pada kisaran 15 hingga 20 persen. Daya tahannya juga beda. Kalo di kulit paling cuma bisa bertahan selama 4 jam. Akan tetapi secara aroma akan lebih ringan sih kalo dipakai di siang hari.

3. Eau de toilette

eau de toilette

Via FragranceNet.com

Eau de toilette pertama kali dibuat pada abad ke-14 yang sering juga disebut sebagai 'heavenly water'. Saat ini jenis wewangian ini mengandung 5 sampa 15 persen minyak yang kemudian dicampur dengan alkohol. Daya tahannya paling cuma 2 sampai 3 jam aja.

4. Eau de cologne

eau de cologne

Via hema.com

Ini adalah tipe wewangian yang banyak di gunakan cowok di Amerika Utara. Saat ini sebagian besar eau de cologne punya aroma yang fresh dan fruity. Bahannya adalah 2-4 persen minyak esensial dengan alkohol dan air. Aroma ini biasanya sangat disukai sama anak muda.

5. Eau fraiche

eau fraiche

Via FragranceNet.com

Eau fraiche bisa diartikan sebagai air segar. Ini adalah jenis wewangian yang paling ringan dengan kandungan minyak hanya sekitar 1-3 persen aja. Dengan kandungan yang serendah itu, eau fraiche cuma bisa bertahan selama sejam di kulit. Harganya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis wewangian yang lainnya.

Komentar