dogs

Karena bikin bahagia dan bikin kita bergerak juga! 

 

Ada banyak keuntungan dari memiliki hewan peliharaan, seperti anjing. Ternyata cuma nggak bikin bahagia, memiliki anjing juga membantu kita untuk hidup lebih lama.

Sebuah penelitian telah membuktikannya. Para ilmuwan menemukan bahwa memilihara anjing dapat mengurangi risiko seseorang meninggal sebesar 24%.

"Analisis kami menemukan memiliki seekor anjing sebenarnya melindungi dari sekarat karena sebab apapun," kata Dr. Caroline Kramer, ahli endokrinologi Mount Sinai yang juga penulis utama penelitian tersebut.

Bagi para penderita serangan jantung atau stroke dinilai mendapatkan manfaat paling banyak dari hal ini. "Bagi orang-orang itu, memiliki anjing bahkan lebih bermanfaat. Risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular ini turun sekitar 31%," tambah Dr. Kramer.

Penelitian lainnya pun membuktikan hal yang sama. Studi yang melibatkan 336.000 laki-laki dan perempuan Swedia ini menemukan bahwa anjing juga sangat sehat bagi mereka yang hidup sendiri.

"Bagian yang paling menarik dari penelitian ini adalah orang yang hidup sendiri sebenarnya mendapatkan manfaat terbesar daripada kelompok penderita serangan jantung maupun penderita stroke," ujar Dr. Martha Gulati, kepala editor CardioSmart.org.

Keberadaan hewan peliharaan ini tentu mampu meningkatkan rasa bahagia. Di sisi lain, anjing juag dapat memberikan dukungan fisik juga. "Anjing adalah motivasi yang sangat baik bagi pemiliknya untuk keluar dan jalan-jalan," ujar Tove Fall, profesor epidemiologi molekuler di Universitas Uppsala, Swedia.

Nah jadi buat lo yang ingin bahagia dan juga berumur panjang, pertimbangkan untuk pelihara anjing yaa?!

Komentar