detergent

Sebaiknya dihindari nih.

Kulit kering adalah masalah yang cukup banyak dikeluhkan orang. Penyebabnya bisa beragam banget sih. Satu di antaranya yang paling populer adalah karena keseringan mandi pakai air panas. Nah, selain kebiasaan itu ternyata ada hal lain yang tanpa kita sadari juga memicu kulit jadi lebih kering loh. Berikut ulasannya.

1. Detergen

detergent

Coa diperhatikan lagi, apakah kulit lo biasanya akan kering setelah nyuci pakaian dan kena detergen? Kalo iya, lebih baik lo segera ganti detergen. Sangat mungkin kalo detergen yang saat ini lo pakai mengandung zat yang tidak bisa diterima oleh kulit lo. Kulit lo mungkin sensitif sama zat kimia tertentu pada detergen tersebut.

2. Produk wewangian

wewangian

Yaash, ternyata parfume atau produk wewangian lainnya bisa menyebabkan kulit kering loh. Hal ini biasanya terjadi pada kulit yang sensitif. Untuk mencegahnya lo bisa pakai lotion di kulit sebelum kemudian menyemprotkan parfume. Tujuannya biar ada pelindung sehingga kandungan pada wewangian nggak langsung kena ke kulit lo.

3. Obat jerawat

krim jerawat

Sangat besar kemungkinan kulit lo akan kering setelah lo pakai obat jerawat Hal ini terjadi karena obat jerawat biasanya mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, glycolic acid, dan retinol. Semua zat itu dikenal akan membuat kering kulit seseorang. Terus gimana dong? Lo nggak harus berhenti pakai sih. Cukup kurangi frekuensi penggunaannya aja.

4. Mandi

mandi lama

Kok mandi bisa bikin kulit kering? Bisa banget. Kalo lo mandinya kelamaan, itu akan membuat kulit lo lama-lama kering. Mandi tuh dalam waktu secukupnya aja. Jangan lama-lama. Air akan membuat kulit lo kehilangan kelembaban. Kalo sekali dua kali sih nggak begitu masalah. Kalo lo lakuin tiap hari, lama-lama kulit pasti akan kering.

Komentar