snoring-age-edited.jpgBarangkali takut ganggu roommate lo~

Bobok ngorok emang nggak terprediksi, bahkan lo sendiri nggak tahu lo kalau tidur itu ngorok atau nggak. Lo ngorok waktu bobok itu pun pasti gegara dikasih tahu sama temen di sebelah lo, orang tua atau kakak adik lo. Nah, buat lo yang selama ini takut ganggu roommate gegara ngorok waktu bobok, sini deh P! kasih tips cara mengatasi ngorok waktu lo bobok. Semoga bermanfaat yes!

1. Waktunya Ganti Bantal

Ngorok tuh bisa disebabkan karena lo alergi debu atau tungau yang nempel di bantal. Nah, lebih baik lo jaga kebersihan bantal yang lo buat bobok dengan mengganti rutin. Kalau semisal bantal lo udah mulai kerasa kotor, jangan lupa dicuci lalu dijemur sampai bersih. Atau kalau kerasa udah kempes gitu, buruan diganti gih!

via GIPHY

2. Bikin Posisi Kepala Lo Agak Tinggi

Waktu lo mau bobok, biasakan posisi kepala lebih tinggi daripada badan. Ini bertujuan biar pernapasan lo lancar, gengs. Lo bisa menopang kepala dengan bantal yang sedikit lebih tinggi, sekitar 1-2 bantal. 

via GIPHY

3. Ubah Posisi Bobok Lo

American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons (AAOMS) mengatakan kalau beberapa orang yang ngorok atau mendengkur biasanya posisi boboknya terlentang. Para peneliti menyarankan agar posisi bobok diubah jadi menyamping biar lebih nyaman. Selain itu, posisi menyamping ini bikin pangkal lidah nggak bersinggungan dengan tenggorokan yang menimbulkan masalah pernapasan, akibatnya jadi ngorok deh. 

via GIPHY

4. Terapi Menghirup Uap

Lo bisa coba dengan terapi menghirup uap. Caranya gampang banget, lo siapin air panas di dalam mangkuk. Kemudian letakkan kepala di atas mangkuk, tutupi dengan handuk dan hirup uap dari air panas tersebut. Kalau punya essensial oil favorit lo juga boleh ditambahin di air panas tadi, lho! Dengan terapi ini, hidung yang tersumbat dan pembengkakan di hidung bakalan berkurang deh. 

via GIPHY

5. Hindari Konsumsi Alkohol dan Obat Penenang

Ketika lo mengkonsumsi alkohol atau obat penenang sebelum bobok, ini bikin otot-otot lidah malah jadi rileks. Sehingga, kemungkinan besar bakalan terjadi ngorok. Sebaiknya, lo nggak konsumsi 2 hal ini selama 3-5 jam sebelum bobok.

via GIPHY

Photo header via SnoreLab

Komentar