finlandia

Indonesia di urutan 92

 

World Happiness Report kembali dirilis tahun ini. Dan para laporan tahun ini, Finlandia kembali menduduki urutan pertama sebagai negara paling bahagia.

Urutan lima teratas dikuasai oleh empat negara Nordik. Setelah Finlandia, ada Denmark, Norwegia dan Islandia. Kemudian Belanda bergabung dalam daftar pada peringkat 5. Selanjutnya Swiss, Swedia, Selandia Baru, Kanada, dan Austria melengkapi 10 besar.

world happiness report 2019

Amerika Serikat berada di urutan 19. Peringkat ini turun dari tahun lalu di mana AS berada di peringat 18. Inggris berada di peringkat 15. Sedangkan Indonesia berada di urutan 92. Dua negara yang tengah terjadi konflik, Sudan Selata dan Republik Afrika Tengah dinilai sebagai negara yang paling tidak bahagia.

Survei ini menggunakan data rata-rata tiga tahun belakangan dari enam faktor seperti PDB per kapita, dukungan sosial, harapan hidup, kebebasan untuk membuat pilihan hidup, kemurahan hati, dan tingkat korupsi. Finlandia memiliki nilai yang bagus untuk faktor-faktor tersebut. Namun faktor kemurahan hati menjadi unggulan dari Finlandia.

Laporan tersebut menuliskan bahwa hampir setengah dari orang Finlandia menyumbang secara teratur untuk amal. Selain itu hampir sepertiganya mengatakan bahwa mereka telah memberikan waktu untuk menjadi sukarelawan untuk amal.

Happiness Research Institute yang berbasis di Copenhagen menunjukkan bahwa Finlandia berada di urutan teratas dalam kebahagiaan meski tidak memiliki GDP yang tinggi dibandingkan negara-negara Nordik lainnya. Jaminan sosial, kebebasan individu serta keseimbangan kehidupan kerja menjadi faktor unggulan dari Finlandia.

Selain itu, perasaan kesejahteraan orang Finlandia juga disebabkan oleh rasa aman di tengah permasalahan dunia. Orang Finlandia merasa nyaman dengan lingkungan mereka, kebebasan berserikat, layanan publik dan pendidikan yang memadai, meski mereka juga khawatir terhadap pekerjaan dan perumahan.

Kalo berkaca dari Finlandia, kebahagiaan nggak melulu soal pendapatan. Rasa aman serta kebebasan juga jadi faktor utama. Oh ya sama tingkat korupsi ternyata berpengaruh. Kalo Indonesia koruptor dapat keringanan hukuman bahkan bebas menjabat sebagai wakil rakyat, jadi nggak heran kalo tingkat kebahagiaan Indonesia ada di peringkat 90-an.

 

 

foto: NPR

Komentar