whatsapp image 2019 12 17 at 7.09.07 pm

Karena nggak ada masalah yang sama

 

Semua orang pasti punya masalah dan pernah ada di titik rendah hidupnya. Bahkan Hotman Paris pun sempet naik motor bebek setiap hari sebelum bisa pake cincin Rp6 miliar. Walaupun begitu, kita mungkin sering lupa bahwa gagal itu wajar, bahwa kita nggak pernah bener-bener sendirian dan nggak ada rencana yang sempurna. Karena itu, P! ingin ngenalin kalian dengan Menjadi Manusia.

Bukan tutorial WikiHow, Menjadi Manusia adalah social platform dan alternative media. Cerita jadi menu utama sajian Menjadi Manusia, dan masing-masing kisah disampaikan lewat berbagai perpektif oleh berbagai narasumber.

Konten Menjadi Manusia merentang dari podcast, video maupun tulisan. Setiap kontennya mungusung gaya bertutur yang bikin penikmatnya berasa kayak duduk bareng temen dan menyimak masalah yang dekat dengan keseharian kita semua, dari yang sepele sampe yang gede; dari kisah perantau yang kangen rumah, sampe kisah pasangan yang beda agama.

Variasi perspektif ini pun dihadirkan untuk beberapa alasan; untuk ngebuka pikiran buat semua kemungkinan, juga jadi inspirasi buat mereka yang butuh solusi. Levina Purnamadewi (Vinny), sang co-founder, pun menjelaskan bahwa konten Menjadi Manusia adalah “olah raga.”

“Banyak dari kita yang masih nggak paham pentingnya kesehatan mental. Mungkin kita sering olahraga fisik, tapi mental kita juga butuh olahraga supaya nggak stress,” jelas Vinny.

On progress

 “Suatu Tempat” jadi bagian dari daftar PR yang tengah dikerjakan Menjadi Manusia. “Kami mau bikin satu tempat dimana orang bisa dateng kapan aja untuk bercerita. Juga buat tempat support group, tutur Vinny tentang rencananya ini. “Karena kami sadar, bahwa orang yang punya masalah itu butuh orang lain untuk mendengarkan.”

Vinny juga menjelaskan bahwa Menjadi Manusia berencana untuk bikin kelas. Dengan nama “Belajar Hidup,” kelas ini digadang-gadang menjadi “sekolah” untuk permasalahan hidup, entah itu tentang kegagalan, keputusasaan sampe masalah patah hati.

Dengan sejumlah rencana yang diusung, Menjadi Manusia pun membuka kesempatan buat publik untuk terlibat. “Kami mau menyebarkan dampak positif lebih luas lagi, dan kami butuh kalian kalian juga! Kalo tertarik untuk menjadi bagian dari tim menjadi manusia bisa langsung email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Jangan lupa sertain alasan, kemampuan kalian dan mau bantu di bidang apa ya!”

Arti “Menjadi Manusia”

Masih berkaitan dengan tema edisi ini, Vinny sempet ngejelasin apa makna “Menjadi Manusia” ketika ngobrol sama P!, dan ternyata ada benang merah yang sama antara makna “Menjadi Manusia” dengan tema P! bulan Desember lalu, “Plan B.”

“Seperti logo yang udah kita buat ya, sebenernya kalian bisa liat ada koma disana,” jelas Vinny. “Koma itu maksudnya setiap manusia akan terus menjalani hidup, kalo gagal, kalian bikin koma lagi, gagal lagi, bikin koma lagi, sampai akhirnya kalian meninggal.”

“Yang penting jangan cepat putus asa, karena pasti di kegagalan pun ada jalan keluarnya!”

Untuk kenal lebih jauh, cek Menjadi Manusia di YouTube, Spotify atau media sosialnya (@menjadimanusia).

Komentar