smart forest city 1

Smart kotanya, bahagia warganya~

 

Sebuah firma arsitektur Italia, Stefano Boeri, tengah memperluas konsep hutan vertikal menjadi pusat perkotaan di Meksiko. Smart Forest City yang terletak di luar Cancun, Meksiko ini berupaya menyeimbangkan antara area hijau dan arsitektur yang dibangun.

Smart Forest City memiliki luas sebesar 1.376 hektar tanah. Kota pintar baru ini diperkirakan akan menampung 130.000 penduduk.

Kota pintar baru ini sebagian besar akan diisi oleh kawasan hijau. Hampir 1.000 hektar akan didedikasikan untuk ruang hijau dan perkiraan akan jadi 'rumah' bagi 7,5 juta tanaman. Rencananya 400 spesies tanaman akan ditanam setelah diperiksa dengan teliti oleh ahli botani dan arsitek lansekap, Laura Gatti.

smart forest city 2

Tumbuhan ini nantinya akan membuat kota pintar ini jadi lebih hemat energi. Tim Boeri memperkirakan Smart Forest City akan menyerap 116.000 ton karbon dioksida dengan 5.800 ton C02 yang disimpan per tahun.

Tak hanya itu, harapannya kota ini akan menjadi pusat pembelajaraan bagi peneliti yang menyelidiki masalah lingkungan dan teknologi baru. Untuk itu, kota ini juga memiliki pusat penelitian canggih dengan fasilitas yang berfokus pada enam isu: bio-kesehatan, astrofisika dan ilmu planet, restorasi terumbu karang, pertanian presisi dan teknologi regeneratif, kota pintar, serta mobilitas dan robot.

smart forest city 3

Smart Forest City juga dirancang untuk swasembada pangan dan energi. Untuk penemuhan tersebut, kota ini berkolaborasi dengan Transsolar, sebuah perusahaan Jerman yang dikenal karena berinovasi dalam lingkungan binaan. Kota ini akan dikelilingi oleh cincin panel surya, sert ladang pertanian yang akan diairi melalui pipa bawah tanah yang terhubung ke saluran air.

smart forest city 4

Untuk perairan sendiri, kota ini memiliki sebuah baskom besar yang akan mengumpulkan air dan kemudia mendistribusikannya melalui saluran yang dapat dikontrol. Lalu kota ini juga memiliki sistem mobilitas yang mutakhir. Nantinya untuk mobilitas, para penghuni akan menggunakan moda transporasi listrik dan semi-otomatis internal.

Wahhh keren banget yaa? Lingkungannya dijamin bersih dan nyaman.

Konsep ini telah dipresentasikan pada Maret 2019 kepada pemerintah daerah dan saat ini tengah menunggu persetujuan.


sumber: My Modern Met

Foto: Stefano Boeri Architecs, The Big Picture

Komentar