smartphone 0

Yok jangan diulangin yok!

 

Smartphone sekarang ini udah jadi kebutuhan utama kita. Berhubungan dengan orang untuk segala urusan pakai smartphone. Cari hiburan lewat smartphone. Kerja juga bisa via smartphone. Semua-mua sekarang ada di smartphone.

Meski udah jadi kebiasaan dan kebutuhan, namun ada lima kesalahan yang sering kita lakukan ketika menggunakan smartphone. Apa aja? Nih disimak!

#1 Tidur dengan smartphone

smartphone 1

Hayo siapa yang kalo tidur, smartphone di taro dekat bantal? Niatnya biar bisa berasa dan cepet bangun kalo alarm bunyi. Tapi ternyata meletakan smartphone dekat kita ketika tidur adalah sebuah kesalahan.

Smartphone merupakan pemancar dan penerima elektromagnetik. Artinya, ia memancarkan gelombang radio yang dapat mempengaruhi otak jika terpapar berjam-jam.

Mungkin lo bisa meletakannya di meja atau di ruangan lain. Biar tidur lo juga jadi lebih berkualitas.

#2 Terpapar cahaya biru untuk waktu yang lama

smartphone 2

Sering mantengin smartphone membuat kita tepapar cahaya biru terus menerus. Cahaya biru ini bisa menyebabkan sakit kepala dan masalah mata dan penglihatan. Ada baiknya atur ulang level cahaya pada ponsel dan nyalakan filter cahaya biru.

#3 Menggunakan ketika sinyal lemah

smartphone 3

Ketika sinyal ponsel terlihat lemah, itu artinya ponsel lo tengah mengeluarkan sinyal yang lebih kuat sebagai pemancara dan lebih banyak energi dari ponsel yang artinya lebih membahayakan kesehatan. Untuk itu ahli merekomendasikan untuk jangan gunakan ponsel ketika sinyal jelek. Karena membuat ponsel jadi lebih cepat panas. Bahaya.

#4 Selalu terkena kulit

smartphone 4

Siapa yang nggak bisa lepas pegang hape? Jangan terlalu sering pegang hape loh guys. Ada beberapa penelitian yang berfokus pada hubungan ponsel dan kanker, khususnya sinyal transmisi yang sekitar 900 MHz, yang membuat ponsel jadi panas.

Dan ketika kondisi panas, kulit menyerap panas tersebut dengan mudah. Meski belum ada bukti terkait efek tersebut, namun tentu ada baiknya dihindari atau jaga jarak aman antara kita dengan ponsel.

Caranya? Coba gunakan headset atau speakerphone saat menelepon. Atau ketika sedang tidak perlu, nggak usah dipegangin terus yaa.

#5 Main smartphone dengan postur yang salah

smartphone 5

Seringkali kita menggunakan smartphone saking seriusnya sampe menunduk. Kebiasaan ini salah. Karena tekanan pada tulang belakang leher meningkat secara bertahap.

Dan seiring berjalannya waktu, berat yang dirasakan leher jadi lima kali lebih berat dari kepala kita sebenarnya. Nggak heran kalo lo jadi sering nyeri leher ataupun kelainan postur. Untuk mengatasinya, pegang smartphone setinggi mata dan jaga leher agar tetap selurus mungkin.

Komentar